TRAVELING DI KARIMUN JAWA ITU.......MENDEBARKAN


MENYELAM DI KEDALAMAN SAMUDERA KEPULAUAN KARJAW SERASA ........ BIKIN SUASANA HATI MERINDING

Gerbang masuk Pulau Karimun Jawa.......selamat pagi

Bagi para traveler sejati nama Pulau Karimun Jawa itu tidaklah asing terdengar di telinga-telinga mereka, apalagi yang punya hobby  berendem dalam air laut pasti nekat pergi, biar badai, gelombang dan ombak samudera menerpa, karena konon gosipnya keindahan taman lautnya bikin ngga bisa tidur pules kalau belum di tenggokin........jiaaahhhhh, termasuk dengan gw yang emang uda lama pengen bingiiiiiiiiit ngincer pergi tapi belum ada kesempatan.

Trip Yang Nyaris Gagal.......
Tadinya trip ini nyaris gagal karena travel yang telah di pesan jauh hari sebelumnya, bahkan telah pula dibayar uang mukanya sebagai tanda jadi. Saat kami sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Salatiga sampai Kota Boyolali si agen travel sebut saja namanya “Kemin”.........hahahahaha, mengabarkan via telp sekitar kurang lebih jam 14.00, kalau trip ke Karimun Jawa (Karjaw) di batalkan.......nah lho....nah lho.....gawat nich dalam hati gw, bisa kacau bin ngeselin  urusannya karena tujuan utama traveling kali ini memang menuju Karjaw....dan sekarang tiba-tiba agen travel yang telah kami pesan mendadak sontak mengabarkan kalau kapal tidak berlayar di Jumat tanggal 23 Oktober 2015 dikarenakan kondisi cuaca yang tidak kondusif. Wuiiiiihhhhh..... mendengar kata batal perasaan hati gw saat itu rasanya merana habis bro.....berasa putus cinta gitu dech.......gubrak.....
Terdiam sejenak dalam perjalanan sembari memikirkan rencana pindah tempat trip, dan mulai browsing-browsing nyari lokasi yang sekiranya punya pantai ok dan tidak terlalu jauh jarak jangkaunya. Di tengah kegalauan yang melanda jiwa......salah seorang teman mencoba menelpon seseorang yang pernah di rekomendasikan, Mr. Dikin namanya........jawabannya adalah bahwa besok hari Jumat 23 Oktober 2015 kapal cepat akan berlayar menuju Karjaw jam 7.30, itu kabar rasanya bak segala urusan hutang-hutang gw berasa lunas terbayar.....huahahahahaha Karimun Jawa aku datang..........yuhuuuuu

Bermalam di Jepara

nginep dulu semalam di Jepara sebelum nyeberang ke Karjaw

Berhitung dengan waktu mengingat jam keberangkatan kapal 7.30, memutuskan nginep saja di Jepara menghindari rebet binti rempong kalau bangun kesiangan bisa grabak grubuk menuju Jepara bisa-bisa gagot trip lagi nich.
Setelah urusan pribadi salah seorang sahabat telah usai tertunaikan di Kota Boyolali dan Kota Salatiga, lanjutlah perjalanan gw menuju Kota Jepara malam itu.
Kurang lebih 3 jam dalam perjalanan menuju Jepara, alhamdulillah lancar tanpa kendala, memasuki kawasan Kota Jepara Mr. Dikin menelpon agar kami segera menuju pelabuhan untuk berembuk soal trip ke Karjaw, sembari meminta tolong kepada beliau agar di carikan tempat penginapan yang dekat dengan pelabuhan. Sesampainya di pelabuhan ternyata Mr. Dikin sudah stand by terlebih dahulu, sosoknya tinggi sedang, kulitnya sawo matang menjurus kearah gelap, rambutnya ikal tertata rapi, masih tergolong muda berdandan ala umumnya anak gaul pantai casual and santai bro......wah gw suka dengan gayanya yang langsung akrab itu, orangnya ramah dan langsung bersahabat jadi yang baru pertama kali mengenalnya merasa nyaman.


Pantai Kartini letaknya tidak jauh dari pelabuhan

Diantarlah kami menuju tempat bermalam tidak jauh jaraknya dari Pelabuhan Kartini namanya “Home Stay Kota Baru” Pantai Kartini Jepara, lokasinya nyaris di ujung jalan tidak terlalu jauh dari pelabuhan penyebrangan, berarsitektur Bali komplit dengan ornamen-ornamen bangunan Bali pada umumnya, tetapi tidak menggunakan sesajen......yang pasti tempat penginapan ini bersih dan tertata rapi serta terawat. Soal kamar tinggal tergantung dengan selera kita mau mahal atau murah tentukan pilihan anda sesuai dengan perduitan yang ada karena di tempat ini yang pasti di larang berhutang alias kas bon ...........hehehehehehe



Malam itu juga Mr. Dikin mengajak kami berembuk menawarkan tripnya paket apa yang ingin di ambil, sembari bertanya-tanya fasilitas apa saja yang di tawarkan and menyinggung soal trip yang gagal dengan alasan kapal tidak berlayar, akhirnya di putuskan mengambil trip 3 hari 2 malam dengan segala fasilitasnya, dan disepakati pula kami akan berlayar menggunakan kapal cepat pukul 7.30, itu artinya kita tidak berangkat barengan dengan Mr. Dikin, beliau akan berangkat terlebih dahulu menggunakan kapal ferry karena harus membawa kendarannya.
Urusan jadwal trip serta pembayaran uang muka bereslah sudah, saatnya merebahkan raga setelah terlebih dahulu membersihkan diri, bahkan waktupun sudah berganti hari......saat akan memejamkan mata, gw merasa tempat tidur terguncang lumayan kencang beberapa detik.....waduh gempa nich dalam hati, tetapi sesaat sesudahnya saya sudah tidak ingat lagi karena terlelap dalam buaian bantal dan dinginnya penyejuk udara.
Gw terbangun mendahului alarm yang telah di setting, panggilan alam gw kalau traveling sepertinya selalu terjaga dengan baik, entalah rasanya sudah menjadi kebiasaan, mengingat urusan kamar mandi yang berada di luar kamar mengharuskan gw gerak cepat biar ngga rempong harus ngantri, bergegas merapikan diri, beribadah subuh dan lanjut bebenah, serta menunggu teman yang baru beranjak bangun dari peraduannya......gw nyantai sembari melihat-liat di luar penginapan, ternyata di sebrang penginapan terlihat logo Pelabuhan Kartini, sejenak menarsiskan diri di lokasi seperti biasanya.......di iringi bunyi klakson kapal ferry yang berangkat terlebih dahulu di jam 6.30.

Kapal Laut Express Bahari 20

penampakan kapal cepat Espress Bahari 20 

Di jemput di penginapan oleh rekanan Mr. Dikin, berkendara di bonceng sepeda motor setelah teman demi teman di antar satu persatu menuju pelabuhan, bahkan salah seorang di antaranya naik becak plus ngebawa gembolan perabotan lenong yang lumayan berat untuk di jingjing.......sebelum berlayar memutuskan terlebih dahulu ngurusin kampung tengah di warung makan Bu Bambang yang lokasinya di sekitar halaman pelabuhan. Urusan kampung tengah bereslah sudah, bahkan gw pun mengikuti saran salah seorang ibu warung untuk minum obat anti mabuk.....hehehehehe sudah lama bingiiiiiiiiit kaga minum yang model giniiian, dulu waktu kecil iya sich karena gw tukang mabok, tapi setelah besar hal itu tidak lagi terjadi dalam diri gw......


Bahari Express 20 bergerak meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara

Menerima tiket sembari menyodorkan kartu identitas kepada petugas pelabuhan untuk di cocokkan namanya dalam tiket, berlanjut menuju kapal sembari mencari nomor tempat duduk di bantu kru kapal, duduk manis setelah meletakkan ransel di dek depan bawah televisi, merebahkan raga sesekali memotret via ponsel pemandangan dari jendela kapal, setelah semua penumpang komplit masuk dalam lambung kapal.....Express Bahari 20 angkat jangkar bergerak meninggalkan Pelabuhan Kartini Jepara menuju Karimun Jawa........yuhuuuuuiiiiiii,  jarak tempuh kapal ini kurang lebih selama 2 jam lumayan terguncang-guncang di tengah-tengah lautan nan luas membentang seakan tiada batas, menjelajah samudera nan luas membiru di lautan lepas menuju tempat tujuan......
Akhirnya daratan itu terlihat juga.....leganya hati ini terasa plong, maklum lumayan puyeng juga......keluar dari kapal di sambut tiupan angin laut yang lumayan kencang.....aroma laut dan kicauan burung menyambut kami para wisatawan hari itu, tak ketinggalan sang surya  mulai naik perlahan sembari melebarkan senyuman menyambut penduduk bumi pagi menjelang siang ......seakan berkata Selamat Datang di Karimun Jawa........

Nginep di Mangrove Inn Karimunjawa

Mangrove Inn Hotel Karimun Jawa


Seseorang pria muda berpenampilan casual tinggi berambut ikal dan berewokan tipis di pipi kiri dan kanannya, menghampiri kami mengucapkan salamnya seraya berucap bahwa dia dari Mangrove Hotel mendapat tugas untuk menjemput rombongan kami.

di tempat ini kita bisa menikmati makan siang sembari memandang pohon mangrove

Meletakkan ransel di bagasi mobil, mengambil seat paling depan.....entah mengapa gw itu hobby bangiiiiiiit duduk di depan berasanya memandang luas seakan tanpa batas bisa menikmati panorama sekitar di setiap perjalanan yang terlintasi.

titian jembatan dari mangrove inn hotel bisa melihat lautan lepas.....

Pulau Karimun Jawa merupakan sebuah Kecamatan dengan luas daratan + 1.500 untuk wilayah daratan dan wilayah perairannya + 110.000, terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di sepanjang perjalanan tampak pemukiman penduduk berjajar dengan rapi, pulau ini bersih dari sampah sepertinya tingkat kesadaran penduduknya di pulau ini sangat tinggi dalam menjaga lingkungannya, terbukti saya tidak melihat sampah berserakan di jalanan, tampak pohon-pohon mangga tumbuh subur di pulau ini bahkan mulai berbuah......alangkah indahnya menikmati pemandangan sekitar kepuluan ini seakan memanjakan penglihatan para wisatawan yang datang berkunjung. 

kamar tidur magrove inn.....kasurnya empuk bikin lelap bobo.....

Saat saya tanya pada mas yang menjemput kami tentang aktifitas penduduk pulau, bahwa penduduk di pulau ini banyak bekerja sebagai nelayan dan juga tour guide bagi penompang perekonomian mereka.


di loaksi ini kita bisa merasakan aroma laut dan hembusan angin

Perjalanan hanya berkisar + 10 menit lamanya dari pelabuhan menuju tempat kami bermalam “Mangrove Inn”. Mangrove Inn ini berkonsep villa, terletak di desa Jatikerep Karimun Jawa, yang istimewa dari tempat ini adalah adanya hutan bakau dengan titian jembatan kayu menuju dermaga kecil untuk bisa melihat lautan lepas tanpa batas.........., bagi yang mendambakan kebebasan akan alam laut sangat cocok bermalam di lokasi ini, mata kita di manjakan oleh hembusan aroma laut, hutan bakau di kanan dan kiri, bisa menyaksikan sunset dan sunrise dari balik perbukitan sungguh luar biasa karunia dan ciptaan Allah.


ikan warna-warni laut Karjaw........nga rugi dech trip ke sini

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. {sumber : wikipedia)

bunga-bunga karang bertebaran di dasar lautan bak taman bunga.......indahnya


Snorkeling Hari Pertama


Seperti di sepakati sebelumnya Mr. Dikin akan menjemput kami pukul 1.30, perjalanan dari penginapan menuju dermaga kecil di tempuh tidak kurang dari 5 menit, kemudian oleh Mr. Dikin kami di serahkan kepada tour guide yang sudah menunggu di atas kapal......saatnya jelajah pulau dan aktifitas main air pun di mulai....lets go guy......., hari pertama adalah menuju Pulau Cemara Besar untuk melihat keindahan taman laut beserta dengan para penghuninya......selama dalam perjalanan menuju lokasi alunan ombak lumayan besar sehingga sempat menguncang kapal jadi terobang-ambing, sumpah kewer-kewer bray......gw takut bingiiiit ngerasa ngga jago renang, jadi lebih banyak berdoa dalam hati pasrah kepada Allah.

mengunakan kapal menuju tengah laut

Syukurlah setibanya di lokasi cuaca lebih kondusif dan bersahabat, jadi mulailah kami bersiap-siap memakai peralatan menyelam dan ada yang rebet teriak-teriak nanya dalam nga ya lautan itu......???? hehehehe jujur gw juga agak ragu-ragu.....maklum uda lama tidak berenang jadi entalah terkadang rasa ragu masih menyelimuti diri, akan tetapi mengingat dan menimbang harus punya sesi futu narsiiis dalam lautan mau nga mau bisa nga bisa......gw harus nekat nyebur....lagian kan ada tour guidenya jadi pasti akan nolong tamunya kan.....


ikan warni warni mondar mandir di depan kita.......yuhuuuuuuuu

Begitu menjatuhkan diri ke dalam lautan.....   alhasil luarrrrr biasa panorama dalam lautan ciptaan Allah Yang Maha Besar itu sungguh indahnya.....melihat ikan warna-warni berseliweran depan mata kita sungguh bikin takjub dalam pengelihatan.....rasa senang itu menjalar ke sekujur raga berselimut kebahagiiaan........nyelam lagi ahh, sembari reques minta di futuin sama si tour guidenya.......mas guide futuiiiin gw dunk......siap....pose.......yuhuuuuuiiiiii

Pantai Ujung Gelam........saat menjelang sunset.....

Setelah di rasa cukup.....perjalan trip berlanjut menuju Pantai Ujung Gelam untuk menikmati sang surya tengelam di ufuk barat.......akan tetapi sayangnya di saat sang surya akan tengelam.....mendadak awan berubah menjadi kelabu beraut murung......jiiiiiiaaahhhh, auranya seakan remang temaram, sayang sekali gw ngga bisa melihat keindahan sang surya pulang keperaduannya......tetapi saat akan menjelang tengelam suasananya meredup lirih begitu syahdu indahnya tak terlukiskan dengan kata-kata......


penampakan si nyiur melambai itu......

Tapi rasa kecewa itu terbayarkan saat gw ngelihat pohon nyiur melambai mempunyai kemiringan sekitar 75⁰, selama ini gw ngelihat sang nyiur melambai hanya dari majalah-majalah traveling dan foto-foto para blogger sehabis traveling yang di share di medsos......alhasil gw pun ngantri buat bisa narsiiis di nyiur melambai walaupun nga berani manjatnya tinggi-tinggi bingiiit, rasanya ngeri guys....maklum bodi gw lagi over dosis sexy soalnya........hahahaha

Hari menjelang senja menuju ke malam......diputuskan pulang untuk beristirahat buat aktifitas ke esokan harinya, saat menuju pulang ombak begitu besar mengucang kapal hingga deburannya menyembur naik ke atas kapal menyiram kami semua, kapal sempat terombang-ambing oleng rasanya seperti nyaris terbalik......waduh seketika itu hati sempat menjadi ciut.....kembali menundukkan kepala berdoa kepada Allah agar kami semua di beri keselamatan hingga daratan, alhamdulillah dermaga nampak di sebrang lautan itu tandanya.....kita akan segera merapat.
Di dermaga rombongan berpisah menuju penginapan masing-masing, dan akan kembali pada keesokan harinya untuk melanjutkan aktitas lagi. Sesampainya di dermaga Mr. Dikin sudah tiba menjemput kami sembari berpesan setelah makan malam sekitar jam 20.00 beliau akan kembali menjemput kami, untuk menikmati Karjaw di malam hari, lanjut.........

Alun-Alun Karimun Jawa di Malam Hari itu........

alun-alun Karimun Jawa di malam hari


Mr. Dikin tepat menjemput kami jam 20.00, bergegas menuju mobilnya, menuju alun-alun di sepanjang perjalanan angin malam berhembus kencang ciri khas daerah pantai pada umumnya.....menyegarkan raga di tengah kegerahan malam yang cukup terasa panas. Dari penginapan menuju alan-alun tidak terlalu jauh tidak lebih dari 10 menit, sesampainya di lokasi, wuiiih...........pemandangan yang terlihat adalah keramaian dari para pedagang souvenir sepanjang sebagian sisi alun-alun Karimun Jawa, di alun-alun ini di tawarkan kaos warna-warni bergambar pernak pernik pantai pada umumnya, seperti ikan, kuda laut, jangkar, bertuliskan Karimun Jawa, dengan warna warna cerah memanjakan mata, harga yang di tawarkan pun cukup terjangkau Rp. 100.000,- untuk tiga potong kaos, tidak hanya hanya kaos yang di tawarkan tetapi ada pula berbagai ikan asin dan souvenir lain seperti cincin, tongkat komando, tongkat yang terbuat dari kayu dewandaru. 


kaos bisa di jadikan souvenir....belanja....belanja.....

Gw sendiri hanya menikmati kesibukan teman-teman gw yang sedang berbelanja kaos memilih warna dan ukuran untuk buah tangan bagi orang-orang tercinta, entah mengapa semenjak sering traveling gw sendiri tidak hobby berbelanja kecuali memang barang tersebut unik dan wajib saya beli, tapi kalau tidak ya hanya sekedar melihat-lihat sembari sesekali membidik. Hari mulai beranjak malam raga pun sudah mulai penat....alaram jiwa seperti memberi peringatan untuk segera beristirahat menyambut aktifitas  esok hari......bobo dulu ya guys.....

Snorkeling Hari Kedua

wuiiiihhhhh.......bebatuan  karang serasa melihat keindahan taman laut

Malam pun berganti pagi.....azan subuh berkumandang lirih terdengar dari kejauhan.....setelah menunaikan ibadah sholat subuh....melangkahkan kaki menuju dermaga Mangrove Hotel, pagi itu angin begitu kencang menerpa raga....rasanya demaga kecil itu pun terasa bergetar serasa terangkat  bak mau terbang, gw sendiri terdiam sejenak dari langkah menuju ujung dermaga, menikmati suasana pagi sembari ngobol dengan seorang nelayan yang sedang berkunjung ke rumah saudaranya di Karjaw, takjub juga dengan pengasilan nelayan selama  3 hari bila melaut dia akan mendapatkan pengasilan sebesar Rp. 30.000.000,- di potong biaya operasional sebesar Rp. 1.000.000,-........wow bikin gw berpikir apa sebaiknya gw berganti profesi ya guys........hahahahahaha
Pagi itu gw mulai melihat penampakan sang surya dari ufuk timur bangun dari peraduannya untuk mengucap salamnya kepada penduduk bumi.......

menyelam lebih dalam buat nikmati taman laut dan karang warna warni.......kece parah guys

Memutuskan untuk tidak usah mandi karena percuma juga mandi kan mau main air lagi, jadi percuma juga untuk mandi......setelah sarapan usai sesuai janji Mr. Dikin datang sesuai janjinya tepat pukul 8.00, beberes segera membawa sekedar keperluan untuk aktifitas hari itu, cap cus lah......lanjut menuju dermaga....... untuk melanjutkan snorkeling dan aktifitas pantai lainnya.

Rombongan kami tiba paling awal, kemudian di susul oleh rombongan lainnya......setelah komplit para peserta tour saatnya kapal mengangkat sauhnya berlayar menuju lokasi.....lets go guys......
Hari itu ombak lebih kencang dari hari pertama trip, kapal terombang-ambing dan terguncang lebih oleng dari kemarin, tetapi sepertinya itu tidak menjadi halangan untuk melakukan aktifitas laut......persiapan pun dimulai saatnya snorkeling lagi.......bergegas mencari alat snorkeling merapatkan pelampung menuruni anak tangga dan byurr.......mengengelamkan diri ke dalam lautan ....weeee ternyata gelombangnya kali ini lebih besar dari kemarin angin berasa kencang menerpa wajah.....waduh rasa ngeri menyelimuti diri, tetapi karena yakin gw harus bisa ngelihat keindahan bawah laut memutuskan nekat menyelam melihat panorama bawah laut.......kali ini ikan yang terlihat tidak sebayak spot hari pertama, tetapi keindahan karang-karang itu bertebaran sepanjang dasar lautan.....gw sendiri ngga gitu lama berendam dalam air buat kali ini, agak ngeri sich selain nga gitu jago renang nga mau buat susah diri sendiri....jadi lebih tepatnya ngukur kemampuan diri and nga mau nyusahin orang lain bila terjadi sesuatu......setelah di rasa cukup berendam dalam air di putuskan menuju Pulau Menjangan Kecil untuk makan siang......


Pulau Menjangan Kecil  suasananya teduh, lautnya bening pasirnya putih

Di pulau ini pasirnya begitu putih bersih, lembut, pepohonan cemara menambah pelengkap keindahan akan pantai ini......beberapa gazebo berjajar di sepanjang pantai ini, yang istimewa dari pantai adalah adanya ayunan yang terletak di pinggiran pantai......yuhuuuuuu seru bingiiiiiit menjadikan sensasi yang beda bisa main ayunan di tepian pantai Pulau Menjangan Kecil.......



yang unik di Pulau Menjangan Kecil ini adanya ayunan......seru main ayunan di tepi laut.......
Makan siang di pantai itu rasanya ajib bingiiit bro.....menunya ikan bakar segar plus sambel kecap di tutup dengan buah semangka itu rasanya......nagih pengen balik makan siang di lokasi itu lagi suatu saat nanti.......aktifitas narsis, main ayunan, makan dan aktifitas lainnya usailah sudah, saatnya lanjut menuju...... 



menikmati desau angin laut beratapkan langit biru itu.......panas bro......hihihihi

Pulau Gantung {dataran pasir putih yang timbul pada saat air laut surut}.....tara...saat kapal akan berlayar tiba-tiba kandas karena pesisir pantai mulai surut, alhasil rebet dah urusannya....para cowo-cowo merelakan diri terjun ke dalam laut untuk mendorong haluan kapal agar bisa keposisi yang pas dan terhindar dari kandas dan bisa berlayar, sumpah kewer-kewer dah gw ngeri bray....karena ternyata tidak mudah mendorong kapal untuk bisa mencapai posisi yang pas selain angin yang bertiup cukup kencang jadinya berat juga buat memutar haluan, tetapi semangat para cowo-cowo yang begitu luar biasa.....alhamduillah akhirnya kapal bisa terbebas dari kandas......


Pulau Gantung.......ayo lompat guys.....yuhuuuuuuu

Lanjut perjalanan menuju Pulau Gantung beruntung hari itu kami bisa menikmati bentangan pasir putih Pulau Gantung, pasir di pulau ini terasa lembut saat langkah kaki menapak sisi pantainya, narsiiis dan pose pun tak terlewatkan di pulau ini.......yuuuuhuuuuu.
Sesi futu-futu dan pernarsisan di Pulau Gantung ini usailah  sudah, saatnya menuju spot snorkeling selanjutnya.....di  spot snorkeling kali ini cuacanya lebih bersahabat dari spot yang pertama, karang laut yang terdapat di dalamnya lebih warna warni di banding spot yang pertama, gw pun lebih semanggat untuk terjun menyelam ke dalamnya......wow....melihat bebatuan karang warna warni itu rasanya takjub, gw menikmati detik demi detik sebelum timbul kembali ke permukaan.....sensasinya begitu luar biasa membias raga menyusup ke dalam jiwa......wuiiiih indahnya pesona yang di tawarkan.....sore menjelang saatnya harus pulang menuju daratan, menuju lokasi selanjutnya.......

persiapan nyelem......sembari deg-degan......nekat judule


Kalau tidak salah Pulau Menjangan Besar namanya, di lokasi ini kita bisa bernasis ria dengan mahluk-mahluk air seperti hiu, kura-kura, bintang laut, dan ikan buntal.....weeeee rasanya pegang ikan buntal itu sensasinya takut-takut gimana gitu....ngeri guys dengan durinya itu, sebenernya kok tidak manusiawi ya memegang binatang air harus diangkat kedaratan itu rasanya menganggu ekosistem mereka untuk hidup.....sepertinya merampas kemerdekaan hak binatang untuk kepentingan pribadi belaka......rasa berdosa menyelinap dalam jiwa itu makanya gw ngga terlalu antusias.....


Ikan Buntal namanya.......

Memutuskan menunggu di kapal saja sembari menanti beberapa teman yang belum usai narsis dan ada pula yang makan dan melepas penat di lokasi......setelah semua rombongan trip komplit kapal bergerak meninggalkan lokasi menuju Dermaga kecil Mangrove Hotel tempat gw nginep......sembari mengucap salam perpisahan pada rombongan yang tersisa....bergegas berjalan pulang menuju penginapan ngebersihin diri dan segera beberes untuk selanjutnya merebahkan raga dalam pembaringan melepas lelah.....

Terpaksa Harus Pulang Pagi Hari


kesibukan di pelabuhan

Sebenarnya sesuai jadwal yang ada kapal akan berlayar pada jam 11.00 siang, tetapi kabar cuaca yang tidak begitu baik di putuskan untuk pulang pada pukul 6.00 pagi......sedih sich karena terpaksa harus pulang sebelum waktunya....hiks...hiks....hiks.....belum sempat mengeksplor daratan Karjaw yang saya baca via web site itu tidak kalah indahnya dengan kedalaman lautnya......sayang tak bisa tereksekusi karena gejala alam yang kurang bersahabat hari itu.
Sesuai janji malam itu Mr. Dikin akan menjemput kami pada pukul 5.00 pagi untuk menuju pelabuhan, di putuskan kami tidak keluar menikmati hari terakhir malam itu, setelah makan malam, beberes dan bebenah karena harus berangkat pagi-pagi sekali.
Salut buat Mr. Dikin ternyata beliau orang yang sangat menghargai waktu, selalu datang on time sesuai janji.....pukul 5.00 pagi sudah sampai di penginapan, memasukkan barang-barang ke dalam bagasi....cap cus berangkat menuju pelabuhan.....Mr. Dikin mengurus tiket kami, sekedar melihat para pedagang kaos di beranda pelabuhan dan sedekar foto-foto sejenak dengan beberapa teman yang kebetulan akan pulang hari itu. Saat tiket di tangan itu saatnya memasuki kapal dan mengucap salam bye....bye..... Karjaw.......
Ini perjalanan traveling yang tak kan terlupakan.....karena gelombang yang sangat besar nyaris melibihi tinggi kapal....efeknya gw mabok laut bro.....padahal sudah minum obat anti mabuk...tapi ternyata tidak mujarab, perut gw pun terkuras keluar.....perjalanan terasa begitu lambat.....kondisi badanpun rasanya drop panas dingin melayang bagai tak beraga, berdoa semoga tetap di beri kekuatan untuk bisa bertahan hingga tiba di daratan.....alhamdulillah setelah 2,5 jam terobang ambing dilautan, kapal pun akhirnya bersandar di Dermaga Kartini Jepara..... keluar dari kapal isinya orang-orang pun bercerita bahwa mereka juga mengalami mabok laut......hihihihihihi tengsin juga sebenarnya....karena sebelah gw anak kecil tetapi tetap seger and sehat ngga mabok laut.....hehehehee.....
Serasa geli saat kru kapal berucap.....”wah si mba cuma pusing mikirin mabok laut.....lah kalau saya pusing mikirin utang”......gubrak dah....itu bapak unyu juga candaannya jadi sedikit terhibur sesaat mendengarnya......sama lah pak gw juga puyeng kelllesss mikirin hutang trip yang belum kebayar......hehehehehe
Dengan bersandarnya Express Bahari 20 di Pelabulan Kartini Jepara, itu menandakan berakhirnya masa traveling gw di Pulau Karimun Jawa,  artinya memory gw akan satu tempat wisata di Indonesia bertambah lagi dan bersemayam indah dalam “perpustakaan  jiwa”.......

Mendamparkan Diri Sejenak di Pantai Bandengan Jepara

narsis biar tetep eksis.....

Jam keberangkatan pesawat gw masih sangat lama, sementara perjalanan menuju Kota Semarang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, memutuskan singgah sejenak melihat Pantai Bandengan Jepara  letaknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Kartini Jepara, karena sudah melihat Pulau Karjaw yang indah penuh pesona.....saat melihat Pantai Bandengan.....olalala..........rasanya hambar bingiiiit dah......
Suasana pantai ini ramai sekali hari itu mungkin karena hari minggu, jadi banyak para wisatawan membawa keluarganya menikmati akhir pekan di tempat ini, aktifitas di pantai ini sangat ramai terutama berenang, gw pun tidak melewatkan kesempatakan dengan bernarsiiis diri....yuhuuuuu, di rasa cukup melewatkan waktu sejenak di pantai ini, saatnya cabut menuju......

Singgah di Semarang Sejenak


Memasuki kota Semarang tepat matahari mencapai puncaknya......punase pollll, raga serasa meleleh lepek dan lengket.....sementara jam keberangkatan pesawat masih sekitar 8 jam lagi, memutuskan singgah ke Kota Tua Semarang, yang istimewa dari lokasi ini adalah bangunan gerejanya yang terkenal dengan Gereja Blenduk, sebenernya gw ingin mengeksplor di lokasi ini lebih lama karena banyak gedung-gedung tua yang menarik dan masih kokoh untuk di singgahi, tetapi rupanya kondisi yang tidak memungkinkan untuk itu, sayang sich gw jadi ngga bisa mengambil gambar dengan angel yang pas dan baik.

konsep unik salah satu kafe......

Memutuskan pindah lokasi menuju Lawang Sewu yang sudah amat femonenal dan menjadi Ikon Kota Semarang, saat gw berkunjung hari itu sedang ada pameran....nah lho yang terjadi adalah ramai pengunjung yang mondar mandir berseliweran kesana kemari, jadi terkesan Si Lawang Sewu ini tersekan tidak angker seperti biasanya yang senyap dan sepi penunjung. Bahkan untuk mengambil gambar di lokasi tertentu pun di butuhkan kesabaran tingkat tinggi karena banyaknya penunjung.

penampakan Lawang Sewu

Saat narsis dan berkeliling Lawang Sewu di rasa cukup....sembari sekedar mencari buah tangan khas kota setempat di lanjut dengan mengisi kampung tengah, perjalanan lanjut menuju Bandara Ahmad Yani dan tepat jam 20.00 wib bersiap-siap menuju landasan naik dalam pesawat mencocokan nomor kursi, mengikat diri dengan sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi dan melipat meja.....itu artinya pesawat menginggalkan run way.......setelah berada di udara nyaris 1 jam lamanya dengan kondisi lepek karena pendingin di kabin pesawat tidak berjalan dengan baik.....alhamdulillah pesawat melandas di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, mengurus gembolan lanjut mencari taxi menuju rumah......itu artinya traveling gw hari itu berakhir sudah dengan segala masalahnya masing-masing personilnya....yuhuuuuuu

kemegahan arsitektur Lawang Sewu


Sudah lumayan banyak lautan yang telah terkunjungi, tetapi belum mencapai titik nadir seperti : Derawan, Wakatobi, Raja Ampat dan pulau-pulau lain yang punya taman laut dengan pesonanya masing-masing. Bisa melihat panorama taman laut di kepulauan sekitar Karimun Jawa, serta tereksekusi secara saksama dan jelas baru terjadi di trip kali ini, itu pun berkat kesabaran dan kerja sama yang baik dari para tour giude kami sepanjang trip berlangsung, mereka-mereka yang berjasa ini adalah :

Mr. Busro: nama sang nahkoda kapal, sosoknya tinggi tegap, kulit badannya sawo matang gelap menjurus ke arah hitam.....hihihihi wajahnya agak seram sich..... wuiiiissss wajah sich bole lah bertampang Rambo, tapi Mr. Busro ini hatinya pasti Rinto bro......hehehehehe karena kalau kita sapa beliau, beliau ini menjawab dengan ramah, sayangnya gw tidak sempat berbincang-bincang itu yang saya sesalkan, jadi gw tidak bisa menilai kepribadian dari sosok Mr. Busro yang sebenarnya. Dengan mengobrol biasanya gw tau bagaimana menilai kepribadian seseorang......ups!!! tapi gw bukan cenayang alias paranormal ya guys...., tapi yang pasti saya yakin beliau orang yang berkepribadian baik, senyum lebarnya itu cukup mempesona......hihihihihi, dan yang jadi ciri khas Mr. Busro itu adalah “kumisnya” yang tertata dengan rapi.....dan sepertinya itu yang menjadi daya tarik beliau.



Mas Bikun:.......si mas yang satu ini baru bergabung dengan rombongan gw pada hari kedua trip, wajahnya manis, berambut ikal rapi, kulitnya sawo matang agak terang dibandingkan dengan kulitnya Mr. Busro.......hahahahaha, untuk ukuran lelaki Si Mas Bikun ini tidak tergolong tinggi, tapi yang pasti ramah, sopan, menghargai kami para tamunya, perangainya riang dan menyenangkan bila kita ajak ngobrol. Mas Bikun selain jago renang pastinya sekaligus sebagai foto grafer underwater kami di hari kedua, yang teristimewa  dia itu jago masak bro.....ini terbukti saat gw sedang melihat dia meracik sambal untuk makan siang kami, itu rasanya......ajiiiiib bingiiiiit mantebbbbbb abissss pedessssnya poollll, saat gw tanya apa resepnya.....??? Si Mas Bikun ini tidak mau membaginya....dia hanya berkata rahasia supaya nanti kalian kembali lagi jalan-jalan ke pulau ini.......gubrak dech......dan saya tidak berhasil merayu resep sambel racikan rahasianya itu.......sembari saya aminkan dalam hati saat dia mengharapkan kami semua balik traveling ke Karjaw lagi,.........amiiiiiiiiin, ya Allah berilah daku rejeki yang buanyaaakkkk bingiiiit supaya bisa traveling kembali ke Karjaw.......yuhuuuuuu. Di kala senggangnya jika Mas Bikun ini sedang tidak menjadi tour guide, biasanya dia mencari ikan alias menjadi nelayan ....syukur-syukur ketemu Putri Duyung cantik....hehehehe


Mas Arif: sosoknya tinggi semampai, berambut ikal pendek rapi, kulitnya sawo matang cenderung gelap, roman wajahnya manis, senyum ramah selalu tersungging di bibirnya, tuturnya halus bila kita ngobrol dengannya, gesit dan energik permbawaannya, sabar dan pemberi support yang gigih kepada kami semua para peserta trip untuk berani menyelam di kedalaman lautan menyaksikan indahnya pesona dan panorama taman laut beserta para penghuninya.......dan yang pasti untuk narsiiiiis guys.....termasuk gw yang tidak begitu jago main air memberanikan diri plus nekat habis harus bisa nyelem melihat keindahan taman laut Karjaw, dengan sangat sabar Mas Arif ini begitu bersemangat  membimbing gw sampai di rasa moment yang pas itu terabadaikan dengan baik. Tenaganya begitu luar biasa berkali-kali mengengelamkan kami satu persatu secara berulang-ulang, tak tampak rasa lelah menghiasi raut wajahnya, tetap tersenyum ramah dan sabar menghadapi kami para peserta tour yang berjumlah 12 orang di hari kedua. Rasanya sirik abis deh gw bila ngeliat si mas yang satu ini......caranya renang dengan kekuatan nafasnya bikin berpikir apakah separuh dari raganya itu bernafaskan insang bak ikan-ikan yang berenang di lautan.......hahahahahaha


Salut dech buat si mas yang satu ini semoga kesehatan dan keberkahan rejeki selalu menyertai di sepanjang hidupnya, amin. Dan menurut pengakuannya Si Mas Arif ini masih bersaudara sepupu dengan Mas Bikun dan Mr. Busro, sungguh menyenangkan bisa bekerja dengan sesama saudara.

Selain para tour guide yang sudah gw buka sekilas penampakannya di atas, sekarang gw jabarin temen-temen baru yang gw jumpai saat akan berangkat aktifitas main air lautan di hari pertama dan hari kedua, ini aneh tapi nyata dan baru gw jumpai selama gw traveling ada 4 pasangan yang gabung dengan team gw........wuiiiih rasanya gimana gitu, gw serasa jadi “obat nyamuk” selama trip berlangsung.......hiks.....hiks.....hiks.....hiks......, keempat pasangan itu adalah:



Sakinah & Fajar @ mereka ini sepasang kekasih yang sedang libur bersama, sepanjang trip mereka berdua ini terlihat kompak dan mesra, Sakinah sangat bersahabat dan ngga jaim, ramah mau bertegur sapa, perawakannya sakinah ini bikin gw jeles, sirik, iri dan dengki.....gubrak dah hahahahahaha, abisnya selain bodynya langsing sepadan dengan postur tubuhnya, berkulit putih, berhijab, yang pasti rajin bingiiiiit narsis maupun futu merame dengan teman seperjalanan.
Kekasihnya Fajar pun sangat bersahabat perawakankannya tinggi seimbang dengan bobot tubuhnya, berkulit putih, wajahnya tampan rupawan apalagi kalau tersenyum bikin cewe bisa klepek-klepek jatuh hati bila melihatnya........yuhuuuuuuiiiiiii. Yang pasti Fajar ini selalu memberi semanggat kepada pasangannya selama berenang di laut, sepertinya tidak mau sedikitpun meninggalkan sang kekasih pujaan hatinya itu termenung dalam kesendirian tanpa dirinya.......hihihihihihihihi pokoke bikin gw sirik dah ngelihatnya. 




Dan yang special pakai telor di hari kedua trip ternyata Fajar sedang berulang tahun, alhasil di tengah lautan kita semua menyanyikan lagu ulang tahun untuk Fajar.........pastinya akan jadi memory indah dalam hidup bisa ulang tahun pas traveling dan di tengah lautan pula itu adalah “sesuatu........yang bisa membuat langkah maju mundur cantik” hehehehehe awas kecebur bro......


Dwi yang niat bingiiiit bawa balon

Dwi & Heri@ ini adalah pasangan kedua yang saya jumpai.......saat datang akan naik ke atas kapal Si Mba Dwi ini membawa balon guys......seru saja jadinya, ini adalah kali pertama gw traveling ada teman seperjalanan yang bawa balon, saat gw tanya mau berulang tahun kah...? tidak katanya....cuma memang sudah di prepare untuk trip kali ini. Mba Dwi ini perawakannya langsing tinggi badannya imbang dengan bobot tubuhnya, berkulit putih, wajahnya manis, rambutnya ikal di atas bahu, hobbynya narsiiiis ngelebihin gw.......hihihihihi........., maklum sang pujaan hatinya Mas Heri sepertinya jago dalam ngebidik alhasil si cewe tidak melewatkan narsiiiis di setiap moment persinggahan saat trip.

Heri ngakunya sich nga bisa renang tapi betah bingiiiit dalam air

Kalau Si Mas Heri ini tingginya sedang, berkulit gelap, ramah dan tidak pelit untuk menawarkan diri sebagai tukang foto kepada teman-teman seperjalanan.....alhasil saya pun tak sungkan menarwarkan diri buat di bidik.....1...2....3.....pose, tukar gaya lagi.....siap bro......hahahahaha. Yang pasti sepasang kekasih ini tertahan selama dua hari (Rabu & Kamis) selama di Jepara karena kapal tidak  berangkat......weeeee alhamdulillah itu tidak terjadi sama gw, terusnya si Mba Dwi ini tidak begitu antusias selama berada di dalam air, katanya hati dan perasaannya sedang tidak nyaman jadi ngga mau maksaiin buat nyelem, lagian ini adalah trip keduanya di Karjaw dan sudah punya sesi futu narsis di dalam air......oh oh itu makanya dia ngga terlalu bergairah mainan airnya......tapi hal yang sebaliknya terjadi sama pasangannya Mas Heri yang ngakunya ngga pandai berenang tapi betah bingiiiiit dalam air bahkan narsiiiis bolak-balik tiada henti bak foto copi bolak balik......hehehehe, yang pasti mereka berdua adalah pasangan yang bersahabat dan ramah, tengkyu ya Mas Heri sudah mau mengabadikan gw dimanapun berada bila ada lokasi yang ok buat pose......si mas ini juga perhatian dan pengertian bingiiiiit lho sama si mba.....manakala si mba dalam keadaan pucat pasi karena efek mabuk dan lagi nunggu sendirian di ruang tunggu pelabuhan, saat gw tegur si mba ngejawab bahwa masnya lagi cari teh panas.....so sweet dech bikin sirik....sementara gw yang masih berasa mual harus tetap tegar ngurus diri sendiri......hiks....hiks....hiks.....
Tengkyu ya bro uda ngirim futunya via wasap.....jadi beberapa nonggol di nich catper....keren lho ngebidiknya.....atau kameranya yang bagus dech


pasangan pengantin baru......Nelly dan Suaminya

Nelly & Pasangannya {maap ye gw nga tau namanya}@ pasangan ini saya jumpai di trip hari kedua, hem rupanya.....ini adalah pengantin baru yang lagi honeymoon dan memilih Karjaw sebagai destinationnya, seru saja sich ngelihat.....karena si cewe begitu jago berenang sementara si cowo takut and rada-rada ngeri buat nyebur.....jadinya seru apalagi saat si cowo di paksa-paksa untuk futu di dalam air......bisa kebayang dah itu, begitu muncul di permukaan wajahnya langsung membias pucat pasi......bah.....hihihihihi kasian sich ngelihatnya tapi emang harus di paksain, kalau nga rugi kellleesss uda jauh-jauh ke Karjaw tapi nga berani nyelem. Nelly ini berparas manis, tingginya seimbang dengan bobot tubuhnya, kulitnya sawo matang terang, dan menggunakan hijab, sementara si cowo perawakannya tinggi, berbobot sedang berkulit sawo matang gelap dan berambut ikal.



Vanesa & Pasangannya....renangnya jago abisss dah......

Vanesa & Pasangannya {maap juga ye gw juga ngga tau namanya abis kita nga teguran sich}@ baru bergabung di hari kedua trip, pasangan ini yang paling jago main air, kaga pakai pelampung langsung nyebur wae dalam laut tanpa banyak rebet and ragu-ragu seperti yang lainnya, jujur bingiiiiiit gw super sirik ngelihat mereka berdua renang di lautan tanpa pelampung mondar mandir bak lumba-lumba timbul tengelam gitu.......hehehehehe, Vanesa ini cantik bingiiiit raut wajahnya, berparas indo, berkulit putih dan bodynya gede bongsor......sepertinya mereka berdua ini selalu ingin selalu bersama berduaan saja, jadi ngga terlalu mau berbaur dengan teman trip lainnya.


hai guys.....angkat ranselmu tentukan arah tujuan travelingmu......

Nah gw sendiri si cantik dan manis buat yang setuju bodo amat.....hihihihi yang nulis nih catper cukup di panggil Rita, jadi kalau penampakan gw lebih banyak di catper ini....wajar kelllesss.....secara gw yang nulis....yuhuuuuiiiii, entalah ini traveling gw yang keberapa ya....kalau harus di jabarin kesannya gw pamer dan bikin orang mual-mual entar.......hehehehe, yang pasti berkesan dengan segala suka dan dukanya dari traveling yang biasa gw jalani.
jangan cuma ke mal doang...sesekali jejakkan langkah kakimu, Indonesia itu negeri yang luar biasa buat di jelajah

Sukanya traveling  kali ini gw  menggunakan fasilitas koper, walaupun gw tetep pakai ransel sich.....kalau biasanya gw backpakeran ngegembel dengan temen-temen backpak gw apa adanya dan seadanya serta seminim mungkin yang harus gw bayar, kali ini traveling gw jauh lebih elit, naik pesawat pp, pakai mobil pribadi antar jemput pp, nginep di hotel nyaris kaga sengsara dech.....hahahahaha namanya juga fasilitas koper.


nikmati keindahan salah satu tempat wisata di Indonesia

Kalau dukanya dengan telah menikmati fasilitas koper.....itu artinya gw harus ngeluarkan biaya trip 3 kali lipat dari biasanya......hiks...hiks....hiks..... rasanya seperti putus cinta guys berasa pengen butuh diri di puun toege......hahahahaha lebay....
Yang bikin traveling ke Karjaw deg-degan itu adalah, manakala kapal tidak jadi berlayar karena badai atau gangguan alam lainnya, dan harus tinggal lebih lama di pulau ini, itu bisa jadi masalah besar buat hidup gw, karena hari senin harus bekerja dan tidak mungkin di tinggalkan untuk absen karena gw ngga ada back upnya, kebayang dah itu rasanya bikin badan meriang level akut.


jangan cuma bisa mainan HP doang.....traveling supaya wawasanmu bertambah ya guys.....

Pengalaman seorang teman yang berkunjung ke Karjaw dan harus tertahan selama 1 minggu  karena kapal tidak memungkinkan untuk berlayar di sebabkan oleh tingginya gelombang.......wuiiiiiih itu rasanya tak terbayangkan, harus menunggu dan tinggal di pulau lebih lama, alhamdulillahnya hal itu tidak menimpa  gw, walaupun belum puas untuk mengeksplor sisi lain dari Pulau Karimun Jawa, mungkin suatu saat nanti gw harus balik lagi ke Karjaw............mau bingiiiiit. Yang pasti sepulang dari traveling karjaw gw makin eksotis guys.....alias lebih kelling penampakannya hahahaha...
Yang unik dari Karjaw ini adalah masalah listrik....kalau siang hari mengalami pemadaman, listrik akan menyala jam 18.00 sampai dengan jam 6 pagi, jika berkunjung ke pulau ini jangan kaget ya guys kalau nga ada listrik di siang hingga sore menjelang.

traveling itu nga harus mahal.......mungkin harga HPmu lebih mahal
              
Sekedar tips buat yang pertama kali berkunjung ke Karjaw ya guys, karena pulau ini termasuk minim fasilitas, usahakan bawa perlengkapan pribadi lebih komplit, seperti obat-obatan, sun block, sendal jepit, topi dan barang-barang pribadi yang perlu dan penting buat di bawa....bukan berarti isi satu kamar lu bawa ye.....hihihihi, biar ngga rebet saja nyari-nyarinya dan bisa ngerebetin orang lain, akhirnya bikin suasana traveling kamu jadi tidak nyaman.


masih banyak mimpi yang belum terwujud......buat jelajah negeri

Masih banyak mimpi gw yang belum tereksekusi untuk traveling ke tempat-tempat wisata yang pesonanya bikin takjub, membuat hati berdebar dan bulu kuduk merinding, kalau masalah waktu mungkin bisa gw atur menyesuaikan jadwal kerjaan, tetapi kendala utama lebih terbentur pada masalah financial......hehehehe. Indonesia itu negeri yang luaaaar biasa guys.....jadi jangan cuma bisa duduk manis di rumah nonton tipi, mencetin tombol HP atau jalan-jalan konsumtif ke mall, sesekali lu mesti melangkah keluar dech, cari informasi tentang destination yang indah menurutmu dan siapakan rencanamu untuk traveling ke tempat seperti imajimu....... 

seeu next trip ya guys.......yuhuuuuuu
          salamtraveling#janganbuangsampahsembarang#hargaisetiaporangbaruyangkamujumpai#danjanganngeselinjadiorang





Komentar

  1. Hai Ibu Rita, apa kabar? Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai Ibu dan keluarga sepanjang hari. Senang banget bisa traveling bareng Ibu Rita dkk dengan segudang pengalamannya. Setuju banget dengan Ibu Rita, Dari pada jalan-jalan konsumtif ke mall ga ada salahnya kalian melangkah keluar menikmati keindahan alam Indonesia negeri yang kita cintai. Ga kalah kok dengan keindahan alam negara lain. Untuk Ibu Rita dkk ditunggu yah kabar trip selanjutnya.. Regards. Fajar & sakina

    BalasHapus
  2. Kak.. Blh minta contac person'nya Mr. dikin.??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer