KERINDUAN YANG TIADA AKHIR

PERTEMUAN ITU TERWUJUD DALAM BENTUK JAGONG

 

 Keluarga Besar UNISRI Alumni IKAHUM 89

Adalah Mbak Siti Sumarta isteri dari Bapak Waluyo Pradoto beliau adalah dosen kami sewaktu masih duduk di bangku kuliah Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI). Jadi singkat ceritanya Bapak Dosen ini naksir salah seorang mahasiswinya ketika itu dan akhirnya beliau mempersunting menjadi isterinya……suitsuit prikitiu, tetapi gue bukan mau menceritakan kisah asmara meraka ya guys selain gue kagak tahu gue juga kagak mau kepo lah ya, yang mau gue ceritakan di sini adalah pertemuan gue dengan para manteman yang hadir datang ke acara jagong itu, karena gue merasakan atmosfir kehangatan walaupun sebentar namun penuh makna dan akan menjadi kenangan yang abadi buat gue pribadi hingga kelak.


aku masih rindu kalian semua......😍😘😍😘


MINI DISKUSI YANG LUMAYAN RUWET


percayalah kamera smartphone itu selalu bisa menyatukan semua perbedaan


Berawal dari piknik di Resto Kemuning pada bulan November 2023 lalu mendengar kabar bahwa Mbak Siti akan mantu pada tanggal 24 Pebruari 2024 di Kabupaten Boyolali, selepas bubaran piknik Mbak Siti berpesan jikalau nanti dia mantu kami berkenan untuk hadir.

 

Akhir bulan Januari 2024 Dedek Dian dan saya japrian ngebahas soal kebarangkatan kami ke Solo untuk acara Jagong tersebut, Dian bilang ini wajib datang hukumnya karena dia yang dipercaya oleh Mbak Siti untuk menyebarkan undangan kepada kami teman-teman Alumni IKAHUM Angkatan 89, rasanya tidak mungkin Dian ini tidak hadir ke acara tersebut dia merasa bertanggung jawab menjadi koordinator untuk mengumpulkan manteman dan memastikan untuk hadir.

 

Ngebahas  soal keberangkatan kami ke Solo  menjadi  sedikit tegang karena saya terkendala beberapa pekerjaan yang harus di tunaikan, juga ajakan seorang sahabat baik untuk menemani beliau jagong di Kota Semarang, menjadi rumit buat saya pribadi untuk memutuskan mana yang harus saya prioritaskan, akhirnya pekerjaan bisa di pending menjadi awal bulan Maret mendatang satu masalah terselesaikan, tersisa satu masalah ini menjadi dilema karena beliau ini sahabat baik saya banget yang minta ditemani kondangan ke Semarang……. waduh piye ini mana tanggalnyanya jagong berbarengan pula rada rebet dah gue mikirinnya sumpah mati guys……. karena beliau ini bener-bener berharap saya bisa menemaninya, tapi akhirnya skala prioritas saja untuk memutuskannya mana yang pertama datang duluan itu yang saya pilih.

 

Beres memutuskan hadir Jagong ke Solo, rembukan kita berlanjut mau berangkat naik apa pilihan pertama adalah naik kereta api, tetapi belum bisa memutuskan karena salah seorang sahabat pengen barengan berangkat ke Solo dari luar kota, akhirnya pending dulu beli tiket kereta api menunggu kejelasan kabar dari beliau yang terhormat itu.. hehehehe  senewen tahu nunggunya itu seperti kita mau di ajak kencan atau cuma di PHPin wae …… hahahahahaha  gubrak bener dah  kalau ingat akan hal itu, soalnya seat tiket makin menipis ouy.. tapi kita tenang-tenang wae dech masih ada bus atau pesawat terbang.. tinggal bagaimana nanti saja lah itu diputuskan.

 

Sampai akhirnya tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju ke Solo pun tinggal yang premium dan luxury hahahahaha.. itu harga tiketnya bisa buat gue travelling ke satu kota lah ya, no way terlalu mahal.. dan gue yang biasa backpackeran kemana-mana gondong ransel ngerasa tidak rela buat ngebayar tiket kereta seharga luxury.. ya amplop bikin mules sama meriang😝

 

Tenang di Ibukota ini masih ada alternatif lain buat kita pergi masih ada pilihan lain pesawat udara yang harganya ternyata lebih ramah dari pada tiket kereta api kelas premium dan luxury, bus dan kereta api via Stasiun Pasar Senen. Diskusi sama Dian ini juga butuh waktu buat mutusin dia bilang nanti saja beli tiketnya seminggu sebelum keberangkatan karena di web masih banyak pilihan kereta menuju Solo dengan harga terjangkau, rada berdebat juga saya sama Dian ini…… hehehehehe tapi akhirnya saya bilang sama dia manut wae terserah kowe keputusane. Dan akhirnya atas keputusan bersama kita berangkat dari Stasiun Pasar Senen naik Kereta Api Bangunkarta Kelas Eksekutif urusan tiket pun beres sudah.

 

KOPER APA RANSEL YA…….


nggak sangka  setelah 15 tahun akhirnya gue bisa pakai high heels lagi..... norak ya gue😆


Ternyata kepergian  kali ini ke Kota Solo menjadi agak sedikit rumit buat mutusin pakai koper apa ransel, karena ini berkaitan dengan acara berjudul Jagong jadi agak lumayan banyak printilan yang harus dibawa……. hahahahaha maklumlah perempuan itu lebih rebet bawaannya ya sepatu, tas, aksesoris, peralatan make up dan printilan lainnya……. hadeh rebet bener dah…….gubrak

 

Tadinya sudah packing pakai backpack ukuran 50 liter yang biasa saya pakai buat naik gunung, ternyata masih tidak muat baju jadi kusut terus saya mikir waduh gimana nanti kalau jagong bajunya kusut, lecek dan tidak rapi, akhirnya saya bongkar dan pindah ke koper ukuran kabin yang biasa saya pakai travelling juga, Dian pun demikian yang tadinya mau pakai ransel akhirnya memutuskan pakai koper juga. Urusan packing bereslah sudah itu artinya kita berdua siap berangkat menuju Solo…… yuhuuuuuuu

 

KEBERANGKATAN 



budal numpuk sepur lur.....


Sesuai jadwal tanggal 22 Pebruari 2024 kita berdua berangkat menggunakan Kereta Api Bangunkarta via Pasar Senen jam 12.25 wib dan sampai di Stasiun Balapan jam 20.54 wib. Saya sendiri sampai Stasiun Pasar Senen sekitar kurang lebih jam 11.00 wib maklum rumah gue termasuk jauh jadi berangkat tidak bisa mepet dan buat yang tinggal di Ibukota harus prepare waktu dengan kondisi lalu lintas yang tidak bisa terprediksi, lebih baik menunggu dari pada ketinggalan kereta itu lebih rumit ngurusnya, karena beli tiket sekarang kalau mepet banget repot bray bisa tidak kebagian.

 

Dian datang kurang lebih mendekati jam 12.00 lewat, dari kejauhan nampak senyum-senyum dengan wajah berkeringat maklum siang itu cuaca cukup terik, setelah bertegur sapa dan membeli jajanan naiklah kita ke dalam kereta. Tepat jam 12.25 wib Kereta Api Bangunkarta diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Balapan Solo, selama perjalanan kita berdua ngegibah aktifitas harian apa saja yang telah terjalani sembari nyusun rencana mau ngapain saja selama berada di Solo, pengen kulineran yang belum tereksekusi nyari tempat yang seru buat narsiiiisss dan cerita-cerita yang bikin kita berdua bergelak tawa. 

 

Sepertinya kita berdua tidak bisa benar-benar tidur pulas selama perjalanan, hingga akhirnya sekitar kurang lebih 10 jam perjalanan kami berdua tiba di Stasiun Balapan tepat jam 20.54 wib Sugeng Ndalu Solo……..

 


POSE IN HOTEL & KULINER MALAM


nang stasiun Balapan Kuto Solo
sing dadi kenangan


Bukan tanpa alasan kita berdua milih Pose In Hotel, karena lokasi hotel ini tidak terlalu jauh dari Stasiun Solo Balapan hanya sekitar + 200 meter berjalan kaki, pertimbangan milih hotel ini simple saja karena  tiba sudah malam menjelang dan kita berdua memutuskan mencari hotel terdekat dengan stasiun, kalau boleh jujur…… gue ogah sebenernya bobok di hotel daerah situ karena banyaknya suara-suara sumbang di sekitaran daerah tersebut, tapi biarlah itu bukan urusan gue yang penting gue nyaman dan tidak ada yang ganggu apalagi punya niat buat ngeculik gue……. hahahahaha buat ngeculik gue itu tukang culik mesti mikir kali ya jajan gue soalnya buanyak……. hehehehehe

 

Setelah menyelesaikan admistrasi hotel dan istirahat sejenak kita berdua memutuskan mencari kuliner malam Wedang Kacang, mencari-cari via aplikasi mana lokasi terdekat adalah daerah Keprabon Wedang Dongo namanya, namun sayang setibanya di lokasi menu yang kita cari sudah habis dan waiters memberi tahu bahwa lokasi tidak jauh tempat tersebut ada Wedang Dongo. Wedang dongo ini adalah wedang kacang yang direbus hingga lembut terus di tambahkan santan dan gula hingga rasanya gurih manis……. iya manis seperti gue. hahahahaha cocoknya si wedang dongo ini diminum di malam hari apalagi pas cuaca sedang dingin itu bisa menghangatkan badan.


iki judule wedang dongo


Ternyata semangkok kecil wedang dongo belum cukup untuk mengisi kampung tengah kami berdua, memutuskan mencari kuliner lainnya di seputaran daerah Keprabon sayangnya di sekitaran daerah tersebut lebih banyak makanan kekinian dari pada tradisional ada pula angkringan alias hek tapi karena waktu sudah lewat malam menunya sudah tidak komplit lagi, dan suasananya buat nongky kurang ok dan kita berdua merasa kurang nyaman memutuskan mencari kuliner lain, setelah mondar mandir berjalan hingga di depan Lapas tetapi sayangnya kuliner yang di jajakan di lokasi tersebut lebih banyak kuliner kekinian dari pada yang tradisional, akhirnya kami memutuskan membeli nasi goreng yang letaknya persis di depan Bank Jateng Solo, memesan sepiring nasi goreng dan cap jay goreng untuk berbagi dengan Dian sembari menghubungi seorang teman yang tinggal tidak jauh dari lokasi untuk datang, tunggu hingga tunggu teman ini tidak bisa datang katanya terkendala dengan kaca mata yang sedang dipakainya bermasalah, karena malam sudah larut dan kita berdua cukup lelah memutuskan kembali ke hotel untuk istirahat dan melanjutkan aktifitas ke esokan harinya menuju……

 

STADION MANAHAN


akhirnya ngidam gue buat OLGA di
Stadion Mahanan terpenuhi 


Pagi menjelang saya merasa waktu berjalan terlalu cepat sementara raga ini belum pulih dari rasa penat, mengingat saya sedang berada di luar kota sayang kalau hanya melewatkan waktu buat mager di kamar hotel kalau mau mager mah di rumah wae kali ya, setelah melaksanakan kewajiban ibadah sholat subuh dan ritual pagi lainnya saatnya “memaksa diri” melakukan aktifitas rutin olah raga, sudah satu tahun ini saya berusaha melakukan olah raga pagi setiap hari walaupun itu sedang keluar kota.

 

Turun ke lobby hotel melihat suasana sekitar Stasiun Balapan tidak memungkinkan untuk olah raga karena hiruk pikuk lalu lintas kendaraan yang lalu lalang tidak nyaman buat melakukan olga, setelah mengecek via aplikasi berapa jauh Stadion Manahan dari lokasi hotel ternyata kalau naik online hanya sebesar Rp. 10.000,- cap cus saya dan Dian menuju Stadion Manahan.

 

Sebelum ke berangkatan ke Solo hal ini saya sudah diskusikan dengan Dian bahwa saya ingin berolah raga di Stadion Manahan Solo, saya penasaran dengan stadion ini setelah di pugar seperti apa sich kemewahan yang bisa kita lihat.

 

Sekitar kurang lebih 10 menit kami berdua sampai di Stadion Manahan, suasana pagi itu sudah lumayan ramai orang-orang melakukan aktifitas olah raga, tadinya saya berniat jalan cepat mengelilingi stadion akan tetapi alunan suara kencang dari sebuah speaker dan melihat seorang instruktur sedang melakukan gerakan senam aerobic, alhasil saya tergoda untuk mengikuti aktifitas tersebut semakin siang semakin bertambah peserta yang ikut joint mengikuti senam aerobic sekitar kurang dari 1 jam usai sudahlah kami berdua mengikuti senam tersebut dengan membayar Rp. 10.000,- perorang, lumayan berkeringat tapi belumlah maksimal melirik ke sebelah lokasi tidak jauh dari lokasi senam aerobic tadi ada yang melakukan aktifitas senam jantung akhirnya kami berdua memutuskan untuk mengikuti senam tersebut kali ini gretong.. hahahahaha. Ternyata aktifitas kami tidak hanya berhenti di senam jantung saja sekitar kurang lebih setengah jam lapak sebelah membuka lagi senam aerobic kali ini dari orang yang berbeda sepertinya dari salah satu sekolah yang sedang mengikuti pelajaran olah rasa, saya dan Dian akhirnya pindah tempat geser mengikuti senam tersebut.. gubrak dah  hari itu kami berdua mengikuti senam sebanyak 3 kali dengan instruktur yang berbeda.. saatnya istirahat dan kembali balik hotel karena salah seorang sahabat baik berjanji semalam sebelumnya akan mengirim sarapan buat kami berdua dan ada janji dari seorang teman yang akan mengajak kami sarapan barengan di luar berangkat menuju

 

AYAM GORENG CINTA NAMANYA……..


penampakan Ayam Goreng Cinta..... uenaak tenin sumpah kewer-kewer


Beliau  berjanji menjemput kami sekitar jam 09.00 wib, dengan cepat kami berkemas dan bersiap-siap karena beliau ini orang yang on time dan selalu tepat janji bila sudah terucap, waktu yang diperjanjikan tiba yang menjemput sudah datang pula setelah berucap salam dan saling bertegur sapa cap cus..kami berangkat menuju lokasi ayam goreng cinta. 


Sebelum menuju ayam goreng cinta ada satu lagi seorang teman yang akan ikutan joint bersama kami setelah janjian terlebih dahulu, nampak dari ke jauhan si mbak-mbak syantik terlihat sedang menunggu kedatangan kami, berempat melanjutkan perjalanan menuju ayam goreng cinta.



matur nuwun Pakde Teguh.....😘                                     


Lokasi Warung Makan Cinta Ayam  terletak di Jl. H. Muslich No. 209, Blimbing, Wonorejo, Kec. Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Hidangan yang disajikan di tempat ini adalah ayam kampung sebagai hidangan utama, biasanya ayam kampung itu cenderung agak alot alias liat dagingnya tetapi di tempat ini bumbunya meresap dengan baik gurih banget dan tidak terasa alot di sajikan dengan kemangi, timun, dan tumisan daun papaya sebagai ciri khas warung ini. 


Tempatnya luas dan bersih sangat rekomendasi bila ingin menikmati sajian kuliner berupa ayam goreng, jika sedang berkunjung ke Solo dan sekitarnya sempatkan untuk mencicipi kuliner ayam goreng cinta ini ya guys di jamin tidak mengecewakan. Ups!!!! sayang saya tidak menanyakan mengapa warung ini diberi nama Ayam Goreng Cinta..???? apakah dimasak dengan sepenuh rasa cinta……hehehehehe entalah yang pasti yummy

 

D’LAWU BISTRO


suasana D'LAWU yang sejuk seakan
engan beranjak dari tempat in
i


Kampung tengah beres diurusi saatnya beranjak ke lokasi lainnya……. naik ke atas menuju Karanganyar, sepanjang perjalanan menuju Karanganyar sangat memanjakan pandangan mata pepohonan tinggi menjulang menghiasi kanan dan kiri jalan ditambah udara pegunungan nan sejuk menambahkan sensasi yang berbeda, maklum gue tinggal di Ibukota yang tingkat polusinya sangat tinggi dengan hutan-hutan beton dan polusi udara dari knalpot kendaraan bermotor, jadi kalau bisa berkunjung ke daerah pegunungan itu rasanya sesuatu banget……. mak nyes kena di hati ibarat orang lagi kasmaran pengennya kagak mau pisah…… hehehehe lebay.

 

kudapan dari singkong ini uenak tenin marai rindu....😁😁


D’LAWU BISTRO namanya di lokasi ini kita bisa melihat keindahan dan kesejukan Karanganyar dengan view Gunung Lawu, melihat tempat ini sepertinya masih tergolong baru di belakang bistro ini terdapat cottage, resort, dan villa untuk bermalam asyik sepertinya kalau bisa menginap di tempat ini, kita bisa menikmati panorama keasrian sebuah kawasaan pedesaan yang sangat sejuk.


rasane suegeerrr plus asem iso ngilangin  loro ati lho😚


Sejenak menikmati kesejukan di tempat ini sembari ditemani kudapan kroket singkong bertabur gula aren nikmatnya tiada tara, berasa dimanjakan oleh alam itu rasanya tak terlukiskan dengan kata-kata itu mengapa saya sangat menyukai alam dan laut dari pada pusat perbelanjaan kepuasan bathin yang saya dapat rasanya berbeda, tapi ini buat saya pribadi ya tidak berlaku secara universal.

 

biar dikatain kagak langsing sing penting PoSe.....😃😎


Hari beranjak siang saatnya beliau harus segera kembali ke kantornya untuk bertugas, gue pribadi terharu dengan Pakde Teguh ini demi gue, Dian dan Mami Ndari merelakan waktu dinasnya mengantar kami menikmati sesaat keindahan Karanganyar sungguh seorang sahabat yang saat baik dan tulus.. miss you Pakde Teguh……😍😘

 

HOTEL KEDUA

 

kalau sudah dandan syantik itu wajib hukumnya foto
ben ora rugi yo lur......hahahaha

Setelah mengantar Mami Ndari pulang kerumahnya kami  berdua diantar beliau ke lokasi menginap berikutnya pindah hotel ceritanya dari hotel kelas biasa banget up grade menjadi hotel bintang empat, tara..... kaget sich enggak lah ya hal mana biasa saya lakukan jika sedang dinas luar kota atau travelling dengan mendapatkan fasilitas luxury ini bukan pamer ya guys tetapi seperti itulah perjalanan hidup yang saya alami.

 

Harum semerbak aroma wewangian hotel ini menimbulkan sensasi berbeda banget dari hotel sebelumnya…… kemewahan nampak terlihat dari lobby hotel hiasan lampu berikut ornament hotel bintang empat pada umumnya.

 

berhubung  yang jemput kita belum datang
akhirnya kita PoSe maneh ben awet nom
😁😀



Mendaratkan raga sejenak di tempat tidur yang cukup luas itu dan saat menenggok ke bawah…… viewnya kolam renang wah sayang kalau dilewatkan tak terjamah, rencana yang tadinya akan berenang esok pagi sore itu juga memutuskan berenang setelah terlebih dahulu Dian menelpon menanyakan apakah air kolam lebih hangat jika sore hari.??? mendapatkan jawaban sore hari air kolam hangat…… tanpa mikir lebih panjang memutuskan meluncur ke kolam renang …… ah senangnya bisa berenang lagi setelah vakum lebih dari setahun tidak berenang. sekitar satu jam berlalu menjelang maghrib saya dan Dian naik membersihkan diri, tanpa di sangka sesorang sahabat datang dari jauh ngajak untuk ketemuan dan tahu-tahu beliau sudah datang menunggu duduk di teras kolam renang setelah bertegur sapa dan ngobrol-ngobrol sejenak beliau ngajak ke……..

 


WEDANGAN MALAM


kalau sudah ngumpul begini rasanya tak rela buat berpisah..... hisk...hiks....hiks...

Kalau ke Solo tanpa wedangan itu rasanya kurang lengkap, setelah janjian dengan beberapa teman lain dan mencari tempat yang ok buat nongki dan ngegibah akhirnya diputuskan ke Angkringan Omah Semar, angkringan ini sudah pernah saya datangi bulan November tahun lalu buat gue pribadi angkringan ini cukup menyenangkan suasananya, sangat sahdu dan memancarkan aura romantisme bak kita datang ke rumah seorang sahabat yang sudah lama tidak bersua disambut dengan sangat hangat oleh sang empunya rumah, dan bisa kembali lagi ke tempat ini rasanya menentramkan hati yang sedang merindukan ketenangan dari kerumitan rutinitas. 

 

Rasanya pengen balik lagi ke tempat ini bila kelak saya bisa datang ke Solo lagi, yang ngangenin itu sajian kulinernya yang masih tradisional disajikan dalam piring seng dan cangkir blirik serta cita rasa masakannya masih otentik tradisional.

 

kuliner yang selalu membuatku rindu


Malam pun kian larut saatnya harus beranjak pulang lampu-lampu di dalam angkiran mulai digelapkan itu pertanda kita harus meninggalkan lokasi, tapi dasarnya masih belum ingin beranjak pulang tetap wae lanjut ngobrol sembari bercanda-canda, tiba-tiba seperti mendengar ada pintu di tutup dengan keras terkesan sengaja dihembaskan dengan kencang, mungkin bahasa halusnya mereka mengusir kita dengan paksa……hahahahahaha saatnya harus beranjak pulang lah ya, berpisah di beranda angkringan dan janjian lagi untuk bertemu ke esokan hari…….

 

ACARA UTAMA ITU JAGONG


katanya tampilan kita berdua seperti isteri pejabat😎


Pagi itu saya menyempatkan diri untuk olah raga pagi, mengingat lokasi hotel tidak jauh dari EDUTORIUM UMS kira-kira sekitar 200 meter jaraknya, melangkah masuk ke dalam edutorium pagi itu masih sepi nampak beberapa pegawai sedang menyapu saya masuk saja berkeliling edutorium baru satu putaran dan ditegur bahwa dalam edutorium tidak boleh masuk.. alamakjan kejam kali bah.. segitunya padahal saya belum berkeringat pelit banget sich kenapa gitu yasudlah memutuskan kembali ke hotel untuk berenang saja.

 

Setelah melakukan segala ritual pagi itu memutuskan untuk segera make up dan merapikan diri, itu yang menjadi tujuan utama datang ke Solo buat Jagong Pengantin, sembari yang jemput belum datang-datang memutuskan buat foto-foto di lobby hotel sayanglah kalau dilewatkan begitu saja mumpung dandanan eiyke masih rapi dan belum berkeringat pula, saya dan Dian serta Mba Poer gantian berfoto-foto dengan berbagai PoSe, maklum naluri perempuan emang seperti itu yang namanya foto-foto itu tak boleh terlewatkan ya guys.. hehehehe buat eiyke rugi karena sudah dandan syantik bingiiiiiiiiit kapan lagi bermake up lengkap seperti ini terus nggak foto-foto, dan ajaibnya sudah hampir 15 tahun gue kagak pernah lagi pakai high hells hari itu tiba-tiba bisa lho pakai high hells lagi lebih dari 2 jam lamanya…… hehehehehe apa itu pertanda berat badan gue sudah mulai menurun atau faktor ingin terlihat tinggi entalah  yang pasti hari itu saya bahagia bingiiit bisa kembali menggenakan high hells lagi.

 

senyum kalian semua bikin aku rindu......😍😘


Yang menjemput sudah tiba saatnya berangkat ke lokasi jagong, sepanjang perjalanan teman-teman memberi tahu beberapa diantaranya sudah hadir dalam gedung. Perjalanan menuju Kabupaten Boyolali menjadi nostalgia tersendiri buat saya, karena saya pernah tinggal di kota kecil ini sekitar hampir lima tahun lamanya karena almarhum Ayah saya pernah berdinas di kota ini, itu mengapa saya kuliah di UNISRI itu juga karena saya tidak lolos sensor di UNS.hehehehe 

 

buat kedua mempelai mendoakan menjadi keluarga samawa


Perjalanan memakan waktu sekitar kurang lebih 45 menit kami berempat tiba  di Gedung Cendana Poncobudoyo Boyolali, kedatangan kami berempat sempat disambut dengan hujan turun cukup deras. Memasuki ruangan gedung rupanya acara seremonialnya sudah usai, sejenak menyapa manteman yang sudah hadir terlebih dahulu sembari say hello dan cupika cupiki untuk sejenak melepas kerinduan, saya duduk di barisan kursi paling depan setelah salah seorang teman Mbak Astutik memanggil saya untuk duduk jejer bersamanya. 

 

Sejenak melihat sekeliling gedung entah mengapa beberapa pasang mata seperti memandang dan menatap saya agak lama. deg-degan juga sich mengapa dipandang seperti itu. jadi GR juga guenya entah karena saya terlihat cuannntiiiik hari itu ataukah dandanan saya yang terlalu sexy.. gubrak huahahaha kagak tau dah yang penting saya sangat bahagia hari itu bisa pakai high heels lagi...hehehehehe


wajah-wajah bahagia foto sama bapak pejabat😍😘

 

Dan yang paling ditunggu-tunggu kalau kita lagi jagong adalah foto barengan dengan pengantin dan keluarganya, alhasil gaduhnya suasana di panggung itu saling mencari posisi agar nampak terlihat saat diabadikan, cheers

 

Hari beranjak siang dan acara jagong pun bubarlah sudah saatnya harus kembali ke hotel, sejenak melepas lelah untuk malamnya ada yang ngajak…….

 

WEDANGAN LAGI


mangan maneh.... hahahaha

Tadinya tuch mau cari tempat wedangan yang ada live musiknya supaya bisa nyanyi gitu, eh ternyata sang pemain musiknya lagi ada job dadakan sehingga malam itu tidak bisa main di tempat wedangan yang kami kunjungi.

 

Namanya Kopi Soloku lokasinya agak tersembunyi dari jalan besar beralamat di jl. Sidoluhur No. 6, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, sajian kuliner di tempat ini seperti wedangan pada umumnya tapi yang istimewa adalah bubur tumpang, makanan yang sangat jarang saya temui di tempat saya tinggal, rasanya gurih sedap ciri khas masakan jawa pada umumnya.


biar lelah hayati sing panting ngaya...... hehehehe


Dan Pakde Teguh menjadi pria paling ganteng malam itu karena dikelilingi empat bidadari…… pasti Pakde Teguh bahagia malam itu ya guys …… dan tidurnya lebih nyenyak dari biasanya…… yuhuuuuuuuu

 


THE ALANA HOTEL YANG BIKIN GEGER


girls.... bersyukurlah kita berlima kagak diusir sama satpam hotel..... hahahaha kacau kalian semua itu yo nakal....😀😁😃😄


Guys.. ini sumpah kewer-kewer ya gue itu sudah tak terhitung buat nginep di hotel tapi baru kali ini ngalami sampai harus di telphone oleh customer service pihak hotel, untuk diingatkan bahwa suara kami itu terlalu kencang sampai-sampai kamar sebelah protes keras atas hal itu……. ini cerita nyata dan benar adanya kalau sampai raut wajah kita diingat bisa-bisa kita di reject oleh pihak management hotel tersebut buat nginep di situ lagi…… gubrak dah itu akan jadi memory memalukan yang tak terlupakan……. hahahahahaha tapi akan selalu menjadi cerita lucu yang tak akan terlupakan bagi gue, Dian, Mbak Poer, Mami Ndari dan Tembong suatu saat nanti…… hai girls apa kabar kalian…….

 

Jadi ceritanya sehabis jagong Mami Ndari tuch sudah janji mau nginep barengan sama kami berempat di hotel, sore itu sembari rehat sejenak Dian kasih tahu Tembong…….. sssttt btw nama asli loe siapa sich ya sumpah gue lupita.. nah Tembong ini kagak terima kalau Mami Ndari tidur barengan sama kami berempat secara mereka ini lengket bak amplop sama perangko buat dikirim, jadinya Tembong ini protes keras dirinya ngerasa kagak diajak padahal saat bertemu di tempat jagong tadi Mami Ndari sudah bilang mau nginep di hotel barengan gue, Dian sama Mbak Poer, bahkan Mami Ndari pun sudah prepare bawa gembolan buat nginep satu malam.


Alhasil setelah menimang-nimang antara datang atau tidak dan kita bujuk-bujukin buat datang ke hotel kapan lagi ngumpul and bobok barengan dalam satu kamar……akhirnya Tembong pun goyah pendirian dia memutuskan untuk datang dan nginep barengan.

 

Bayangkan sejenak lima orang perempuan ngumpul barengan dalam satu kamar hotel dan jarang banget jumpa, nah lho apalagi kalau bukan ngegibah ngomongin masa lalu jaman kuliah dulu lengkap dengan aib-aibnya.. sebenernya bukan masalah kalau hanya sekedar cerita dan ngengibah tetapi ternyata suara kami berlima itu seperti speaker segede gambreng …… kencengnya bukan main dan suara itu di dominasi oleh Mami Ndari dan Tembong …….hahahahahaha entah sampai jam berapa mereka berdua tetap mendongeng sementara saya, Mbak Poer dan Dian sudah terlelap dalam buaian bantal, tapi ke esokan paginya Dian bercerita bahwa Mami Ndari dan Tembong tetap ngegibah hingga tanpa tahu waktu usainya kapan…… luar biasa mereka berdua ini membuktikan bahwa mereka berdua itu benar-benar soulmate semenjak dahulu kala.

 

Itu mengapa customer service hotel sampai harus menelpon kamar kami dan menegur bahwa suara kami itu tembus hingga ke kamar sebelah, dan tamu kamar sebelah rupanya sangat terganggu dan melayangkan protes keras  kepada pihak hotel, karena sebelum ditegur kami itu mendengar suara  seperti mengetuk-getuk tembok dan rupanya kami tidak menyadari hal tersebut…… hehehehehehe  jika saya terkenang peristiwa tersebut jadinya senyum-senyum sendiri……kalian semua itu ya.... jail tau😂😂😂

 


DOLAN KE RUMAH LEK SRI KAHARJAN 


senyum sumringgah dan wajah bahagia Lek Kardjan...... miss you Lek...... 😘 


Entah mengapa hari itu berlalu begitu sangat cepat padahal saya masih pengen ngumpul barengan lagi sama mereka berlima jika memungkinkan sich bisa bobok barengan lagi satu malam.. hehehehe wait... tapi jatah hotel sudah harus check out dari batasan endorse  yang diberikan  cukup dua malam saja dan wajib harus tahu diri juga lah ya, maybe it can be continued at another time, and we are always ready to accept.. iam wait yahahahahaha

 

Suami Tembong berjanji akan menjemput istrinya ke hotel, kami nebeng barengan keluar menuju lokasi terdekat, rencananya Mami Ndari dan Mbak Poer mau pulang, gue sama Dian mau pindah hotel karena baru keesokan harinya kami berdua pulang ke Jakarta. 

 

next time kita book barengan lagi yo....


Bapak Gatot nama suaminya Tembong hari itu menjemput kami dengan putrinya yang bernama Hasnah anaknya manis, putih, perawakannya seperti remaja yang masih SMP ternyata sudah kuliah semester 6 di UNS, pokoknya kalau ngelihat Hasnah apa bener ya ini anaknya Tembong…… hahahahahaha abisnya ngengemesin imut manis gitu. beda banget sama emaknya. hehehehe ojo nesu yo Mbong aku ngomong demikan.

 

Rencana tinggal rencana yang tadinya Mami Ndari mau diantar pulang, tiba-tiba tercetus ide dolan yuk ke rumah Lek Kardjan rumahnya tidak terlalu jauh ini kata Mami Ndari. dan akhirnya Dian menelpon Lek Kardjan mengatakan kami akan main ke rumahnya.

 

Lek Kardjan menyambut kedatangan kami dengan senyum paling manis yang dia punya, raut wajahnya memancarkan kebahagiaan tiada terkira bak ketemu pujaan hati yang selalu dinantikannya dalam imajinya selama ini.. hahahahahahaha tabahkan hatimu yo Lek Kardjan aku yakin kowe mesti deg-deg'an yo hayo ngaku wae........😀😁😂


 

getuk yang bikin kita ke rumah Lek Kardjan.... 😁 


Tara.. di meja teras rumahnya telah tersedia berbagai makanan ringan, rambutan yang nampaknya berasal dari tetangga sebelah....hihihihi dan getuk yang selalu dirindukan itu.. yuhuuuuu dan tanpa dipersilahkan oleh tuan rumahnya gue pun icip-icip langsung tanpa bas abasi dari pada ngecees.  dan obrolan pun mengalir kesana kemari sembari bersenda gurau.. lupa dengan niat semula kalau kami tuch punya misi mau nodong paksa Lek Kardjan ini untuk jadi koordinator kegiatan, opo goro-goro getuk kui mau yo dadi lali ngomong.. gek kepiye jal

 

Saatnya harus segera pulang Mami Ndari ditunggu anaknya, Tembong dan keluarganya ada acara tersendiri, saya dan Dian harus pindah hotel dan Mbak Poer sendiri memutuskan untuk ikut kami berdua nginep semalam lagi di hotel.. sebelum balik hotel Mbak Poer traktir kami makan bakso…… matur nuwun yo Mbak Poer..

 

HARUS PINDAH HOTEL LAGI


pindah hotel untuk yang ketika kalinya....



Ini kali ketiga saya pindah hotel lagi dimulai dari hotel non bintang, hotel bintang empat dan terakhir hotel bintang 7 nomor 16 alias puyeng bolak balik bongkar koper

 

Kali ini gue request hotel sama Dian yang lokasinya dekat sama Stadion Manahan biar paginya gue bisa olga maka diputuskan Zest Hotel, hotel dengan mengedepankan konsep minimalis tapi bersih dibanding hotel yang pertama kali saya datang, warna terang hijau dan orange mendominasi hingga menjadikan tempat ini serasa luas, baru sejenak melepaskan penat dan selonjor kaki.. tiba-tiba Pakde Teguh menelpon Dian mengatakan akan mengajak kami makan di luar sore itu jam 17.00 wib. Nah kalau yang namanya janjian dengan Komandan Polisi ini harus on time yo guys. no molor-molor yo bisa di suruh push up entar. hahahahaha

 

matur nuwun Mba Erna semoga bisa ketemu lagi kita

Kedatangan beliau disambut hujan yang lumayan deras, Pakde datang bersama Mbak Erna isterinya dan ini adalah pertemuan yang kesekian kalinya saya dengan Mbak Erna, tapi nampaknya beliau agak kurusan katanya lagi banyak kerjaan dan kemarin  habis jaga di Stadion Manahan ada pertandingan sepak bola itu mengapa beliau berdua tidak bisa hadir di acara jagong putrinya Mbak Siti dan Pak Waluyo.

 



Tempat kuliner pertama yang dituju ternyata belum rapi masih siap-siap menata dagangan dan waktunya masih agak lama, akhirnya mencari kuliner di tempat lain. apa ya namanya gue lupa nich. Dian kamu ingatkah nama tempatnya berjudul apakah.. yang pasti jualannya mie, nasi goreng dan cap jay gitu dah menunya.. disantap saat hujan turun makan yang berkuah itu yummy sekali.. yuk mare kita makan……yuhuuuu

 

Saatnya harus kembali ke hotel karena hari mulai menjelang malam dan hujan makin deras, beliau-beliau pun harus segera istirahat karena keesokan harinya sudah hari senin harus masuk kerja, gue sendiri pun sudah pengen dibuai manja oleh kasur dan bantal.. lelah hayati lah pokoke

 

SAATNYA HARUS PULANG


suwun yo Sist Ekowati sudah menyempatkan
diri datang ke hotel


Pagi menjelang  kumandang azan subuh terdengar hingga kamar tempat saya menginap malam itu,  setelah melaksanakan ibadah dan melakukan ritual pagi saatnya bersiap-siap untuk olah raga.. melangkahkan kaki dari hotel sekitar jam 06.10 wib,  pagi itu suasana Stadion Manahan nampak masih sepi hanya beberapa orang melakukan aktifitas berolah raga, alhamdulillah saya akhirnya bisa menginjakkan kaki berkeliling stadion 10 kali putaran sekitar +8,5 km dengan waktu tempuh 1.20 menit pengennya sich target 10 km tapi Dian kasih kabar kalau Ekowati akan datang berkunjung, itu mengapa saya segera mengakhiri olah raga saya pagi itu untuk menyambut kedatangan Ekowati.

 

Rencana tuch tadinya kami bertiga mau diajak sama Ekowati jalan-jalan di sekitaran Kota Solo sembari menunggu jam pulang siang hari, tapi batal karena Ekowati dan suaminya Om Bambang ada urusan bisnis ke Sragen, mungkin lain kesempatan bisa ketemuan lagi dengan mereka matur nuwun yo Ekowati atas buah tangannya jadi terharu gue. hiks.hiks. hiks. semoga usahanya lancar dan sukses.

 

Hari itu waktu cepat sekali berlalu saatnya harus pulang kembali ke Jakarta, Pak Lek Tjahjo sudah datang menjemput kami berdua Mbak Poer pulang terlebih dahulu masih ada urusan keluarga katanya sehingga tidak mau barengan dengan kami, padahal Lek Tjahjo sudah berjanji mau mengantarnya pulang.

 

Dan perjalanan saya menuju Jakarta  bersama Lek Tjahjo dan Dian menjadi penutup cerita ini, sebenarnya masih banyak sich ceritanya tapi saya sudah capek buat menulis dan mengingatnya.. hahahaha mungkin lain kesempatan kalau saya bisa berkunjung lagi ke Solo dan ada cerita baru yang layak buat ditulis dan dibaca.

 

Matur nuwun ya Lek Tjahjo bisa barengan balik ke Jakarta, sehat selalu yo Lek ben suatu saat kita bisa barengan lagi ke Solo. eh kok tuman.. ki piye jal....

 

Selama berada di Kota Solo saya mendapatkan keberkahan rejeki yang tak pernah saya sangka sebelumnya, untuk itu saya menghaturkan terima kasih kagem para sahabat 

 

PAKDE TEGUH WIBAWANTO & MBAK ERNA



matur nuwun Pakde Teguh & Mbak Erna berkah rejekinya

Kagem Pakde Teguh ngaturaken watur nuwun sanget sudah mengajak jalan-jalan, jajan, makan pagi, makan siang, makan sore, makan malam sampai dengan  wedangan di beberapa tempat namun sayang belum sempat singgah di wedangan yang ada live musiknya.

 

Beliau ini sebelum kami tiba di Solo suruh ngabarin kapan kepastian datangnya, rupaya beliau sudah punya rencana untuk mengajak saya dan Dian jalan-jalan dan jajan-jajan gitu dah, menyenangkan sekali punya sohib seperti beliau ditanggung tak kan terlantar. hahahahahaha bisa pergi bersamanya kita merasa nyaman karena beliau ini seorang Anggota Kepolisian jadi jangan kwatir diculik atau dinakali sama orang pasti entar itu orang usil bisa kena bedil…… hehehehehehe……


Senang bisa ketemuan sama Mbak Erna lagi orangnya humble walaupun agak pendiam saya sudah beberapa kali berjumpa dengan beliau, malam terakhir kami di Solo beliau mengajak kami jajan bareng mie godok jawa entah dimana itu saya kok lupa yo, opo karena kekenyangan menjadi tak ingat.hihihihi matur nuwun ya Mbak Erna semoga berkah rejekinya.

 


MAMI PRASTIANTI PURBANDARI alias NDARI


Mami Ndari miss you & big hug


Kalau kita sebut nama Ndari sepertinya nyaris semua orang kenal dia, perawakannya tinggi langsing berwajah rupawan sepertinya untuk kalangan kaum adam di jaman itu tidak ada yang tidak kenal dengan Mami Ndari ini hingga kakak kelas di beberapa tingkat pasti kenal dengan dia, boleh dikatakan Mami Ndari ini menjadi Primadona Angkatan 89 ketika itu cie...cie...cie... ra sah GR yo mi biasa wae.....😃😄😀

 

Saat kuliah dulu saya tidak dekat dengan dia dan menganggap Mami Ndari ini cenderung soumbong bingiiiit lah ya. hahahahaha nggak tahu daech saya ngerasa seperti  itu mungkin karena saya tidak dekat dengan dia tapi itu dahulu, kini dia sudah  berubah banyak seiring dengan berjalannya waktu dan lika liku kehidupan yang harus dilaluinya, jika saya berada di posisi Mami Ndari belum tentu saya sanggup untuk menjalaninya, sungguh luar biasa  Mami Ndari ini, saya angkat dua jempol buat dia semoga Allah selalu beri kekuatan, ketabahan dan ketegaran dalam menjalani hidup sepanjang hayat dikandung badan.

 

Tapi ada lho yang tidak berubah sama sekali dengan Mami Ndari ini ya guys……orangnya itu tetep wae cerigis poll ora iso meneng babar blas dan sepertinya punya segudang stok cerita yang tiada habis-habisnya untuk dituturkan, dan ceritanya itu selalu membuat kami tertawa terbahak-bahak sampai rasanya mules, saya merasa Mami Ndari ini memang ditakdirkan untuk menjadi seorang penghibur di segala suasana, sehat selalu ya mami miss you……

 


JEUNG SRI PURWANTI


hallo Mbak Poer....

Mbak yang satu ini merupakan teman deket eiyke semenjak jaman kuliah dulu, memang orangnya rada esentrik sudah sedari dulu saya kenal senangnya menyendiri, tapi selalu ramah menyapa teman lain walaupun hubungannya tidak dekat.

 

Mengapa saya bilang Mbak Poer itu esentrik gimana ya nyeritaiinnya.. geli sendiri saya jika teringat hal itu, dulu banget tuch ya pernah pas ujian bisa-bisanya bikin contekan di kuburan Bonoloyo .. bagaimana tuch adakah dari kalian yang melakukan hal seperti itu. hehehehe ngapunten sakdurunge ya Mbak Poer kalau tak ceritaaiin di sini. Oh ya di dalam WAG Mbak Poer ini seperti penyiar radio minta lagu apa saja pasti akan di share, stok lagunya buanyak buanget pokoknya segala macam gendre musik.

 

Terusnya Mbak Poer tuch sekarang pinter banget ngenasehatin kita yang lagi kasmaran, baper and sedang menggalau.. jadi yah buat manteman yang sedang mengalami patah hati, di tolak cinta atau pengen dapat gebetan.hehehehehe hubungi Mbak Purwanti ya guys..

 

Mbak Poer……… matur nuwun ya sudah di traktir sarapan lengkap lontong sayur, soup bunga matahari, sosis solo basah, bakso dan bubur tumpang berkah rejekine yo Mbak Poer…… tapinya juga kalau bobok ki ra sah nggo kebaya juga kali yo.... hahahahahaha

 


ALOYSIA MARIA DIANINGRUM alias DIAN



cah ayu Dian tengkyu yo bisa dolan barengan lagi,
next kita plesir kemana lagi....



Buat saya Mara ini seperti medan magnet yang membuat semua manteman bisa berkumpul, tidak salah sepertinya jika Mbak Siti meminta tolong sama Mara untuk menyebar undangan mantu dan menjapri beberapa manteman untuk hadir.

 

Mungkin saya sama mara ini mempunyai beberapa kesamaan dalam beberapa hal travelling misalnya, selama travelling ada hal-hal yang kita jumpai tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana ada kalanya karena satu dan lain hal ada destinasi yang tidak bisa tereksekusi, penerbangan delay, masakan yang tidak enak, hotel yang tidak layak dan hal-hal lainnya yang bikin kita tidak nyaman, dari kondisi itulah kita berdua ini sudah terbiasa mengalami situasi yang tidak menyenangkan, hingga akhirnya apapun situasinya harus diterima dan dinikmati wae ben tetep waras, jadinya kita tidak perlu lagi ngomel alias ngoceh tidak jelas dan berusaha untuk tidak baperan. apapun yang terjadi hihihihihihi......bukan begitu Bu Lurah ..?

 

Terus Mara itu orangnya easy going dan multitasking segala hal sepertinya bisa dia kerjakan sesibuk apapun pasti terhandle, tidak salah bilamana manteman selalu meminta informasi jika kita menyelenggarakan sebuah acara. Terusnya  Mara ini juga menjadi curhatan beberapa manteman yang hati dan perasaannya sedang mengalau and gundah gulana untuk di mintai saran apa yang sebaiknya dilakukan, sssttt jadi Mara ini sepertinya banyak sekali menyimpan rahasia dari para manteman yang pernah curhat……… hehehehehe ngaku hayo siapa sajakah mereka.. coba tanya Mara……yuhuuuuuuuuiiii

 

 

SLAMET HARYANTO


ketoke lagi ngecek transferan....😎😃😄


Kedatangannya menjadi rebutan manteman untuk bisa foto barengan beliau, secara mereka sudah tahu kalau bapak ini menjadi seorang pejabat  di suatu daerah dan kedatangan beliau hari itu rupanya sudah ditunggu dan  jadi diincaran buat diajakin foto-foto barengan, tentu bangga lah ya memiliki teman sealumni yang menjadi pejabat penting di suatu daerah.

 

Thank you to Mr. Haryanto for providing travel tickets, overnight facilities that were very luxurious and that was beyond expectations, you yourself were even willing to pick us up together for jagong, I personally don't know how to repay your kindness. I can only pray for you that your career will be more successful and that all your hopes and dreams will come true, amen.

 

 

dan aku masih merindukan
kalian semua......😍😘


Dan saya sendiri MARITA KASSANDRA SETYANINGSIH yang nulis cerita ini, perjalanan ke Solo kemarin itu meninggalkan kesan tersendiri jadi sayang jika terlewatkan begitu saja tanpa memory, walaupun sejenak tapi buat saya penuh makna dan kehangatan atas sambutan beberapa sahabat yang mungkin dahulunya tidak dekat sekarang menjadi akrab dan berharap bisa bersahabat erat selamanya tanpa punya maksud dan tujuan tertentu, katanya Kekancan Saklawase.....

 

Mungkin karena salah satu hobby saya menulis tidak mengapalah saya menulisnya untuk kepentingan pribadi saja sebenarnya, dan kadang kala saya masih suka membaca kembali  tulisan saya tersebut bilamana saya merindukan akan cerita di masa itu, hanya sebuah tulisan yang menjadikannya cerita itu abadi dan tak kan pernah hilang bilamana kita tidak menghapusnya.

 

Buat saya pribadi setiap perjalanan selalu meninggalkan kisah yang berbeda, bertemu dengan orang yang berbeda, kesan yang berbeda dan ini menjadikan saya belajar banyak hal dari setiap perjalanan yang terlalui.

 

Sebelumnya mohon maaf bilamana nantinya manteman yang membaca blog ini tidak berkenan dengan jalan ceritanya karena yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi semata selama dalam perjalanan ke Solo kemarin itu, semoga masih bisa datang lagi berkunjung ke Solo suatu saat nanti jika mengijinkan waktu dan kesempatannya, pengen bisa ngumpul lagi dengan lebih akrab barengan Alumni IKAHUM UNISRI Angkatan 89, teriring salam hangat buat semuanya……

  

Kota Solo & sambutan hangat para sahabat
membuatku selalu ingin kembali


















































Komentar

  1. Akyuuu jadi terharu.
    Biarkan rasa ini tetap menjadi rasa.
    Terimakasih mb Rita sdh menjadi bagian dari cerita di tgl 24-26Peb 2024.maapin ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer