MUSEUM SEBAGAI TEMPAT BEREDUKASI & BERSOSIALISASI



BELAJAR SEJARAH DENGAN CARA ASYIK

para peserta menyatu dalam keragaman, yg menang & kalah tetap happy kalau foto bersama


Berkunjung ke museum akan sangat membosankan bilamana dilakukan dengan cara biasa-biasa saja, datang, membeli tiket, di pandu petugas, foto-foto terus pulang, sangat standar dan biasa di lakukan di semua museum. Memang tidak mudah menjadikan museum di Indonesia menjadi kunjungan wisata, tingkat kesadaran masyarakat kita masih cukup rendah untuk berkunjung ke museum, bahkan anak-anak sekolah pun banyak yang belum pernah mengadakan kunjungan ke museum.

registrasi dulu biar syah dapat sarapan, kaos, topi & thumbler

Mungkin juga karena koleksi museum tersebut nyaris tidak bertambah, terutama bagi museum-museum yang berhubungan dengan kesakralan berdirinya sebuah negara, itu sudah pasti tidak bertambah karena jika bertambah atau berubah akan mengurangi esensi dari sejarah itu sendiri.

Terus bagaimana caranya supaya tidak standar dan membosankan, memang tentu harus di cari kiat tersendiri diperlukan kerjasama antara museum dengan pihak luar.

Bapak Agus Wahyudi Kepala Munaspro 

Untuk membuang kesan monoton orang datang ke museum Komunitas Jelajah Budaya (KJB) bekerja sama dengan Museum Perumusan Naskah Proklamasi (MUNASPRO) pada tanggal 27 September 2018 lalu mengadakan acara yang mengedukasi masyarakat seberapa jauh mengenal kembali sejarah berdirinya negara ini. Dengan mengambil tema : EDUTAINMENT INDONESIA MERDEKA “Menyelusuri Jejak Pejuang Kemerdekaan”.

Bapak Kartum Setiawan CEO Komunitas Jelajah Budaya

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza, namun sayang musik pengiring nyaris tidak terdengar entah mengapa bisa terjadi, sudah di otak-atik, di bolak-balik itu laptop dan speaker masih saja kagak kedengeran suaranya, tau dah itu pengiring musik lagi gede ambek kali yah pagi-pagi di suruh ngiringin lagu, mana belum ngopi pula...... hihihihihi, alhasil suaranya kecil bingiiiit seperti angin sepoi-sepoi yang selintas lewat, tapi itu tidak membuat para peserta kendor nyanyiiin lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza.

berdoa dulu supaya acara berjalan dengan lancar, dipimpin Bapak Ari Sulistyo

Alhamdulillah Bapak Agus Wahyudi sebagai Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi hadir dan membuka acara, beliau sangat senang dan mengapreasi KJB mengadakan acara yang yang bisa mengedukasi masyarakat untuk mengenal & mengenang  kembali sejarah kemerdekaan negara ini. Acara sambutan dan seremonial usai tertunaikan, sampailah pada acara yang dinanti seperti apakah itu.....???

WAJIB HUKUMNYA NEMUIN PASANGAN 

hayoo.... siapa yang mau jadi pasangan mas yang maniz ini yah.....hehehehe

Saat panitia ngumuin bahwa peserta kudu nemuin pasangannya dengan cara mencocokkan padanan kata yang terdapat dalam kertas yang kita ambil sebelumnya, seperti misalnya  : kita pegang kertas dengan tulisan Tugu Rengasdengklok, kita harus cari pasangan pemegang kertas yang sesuai dengan jawabannya Karawang. Kegaduhan berawal dari sini riuh, ribet bin rempong, hilir mudik, nyari keliling buat nemuin pasangan dengan jumlah peserta + 150 orang bukan hal yang mudah buat di lakuin.

Rebet emang sich karena gue belum juga nemuin pasangan dari paduan kata yang gue pegang, berharapnya sich dapat pasangan cowo cakep baik hati dan mau nganterin gue pulang....... ngayalnya ketinggian ouy....... hahahahahaha. Karena rebet akhirnya gue tukar dengan pertanyaan lain sekaligus nyari kuncinya, beres dapat keduanya..... eh dah kan kudu dapat pasangan, waduh rebet lagi, nanya temen-temen gue sudah pada dapat, akhirnya gue kasih sama orang yang juga lagi rebet nyari pasangaannya yang belum ketemu, urusan nemuin pasangan bereslah sudah, menginjak pada acara tahap kedua, yaitu.....   

MEMBUAT GROUP

Group Oto Iskandar Dinata 9 emak-emak plus 1 Brondok

Keributan tidak berhenti sampai di situ saja, saat mc mengumumkan harus membuat group dan 1 group terdiri dari 10 orang dengan syarat harus dengan pasangan yang telah memegang jawaban kita tadi, alhasil grabak grubuk dah itu saling teriak untuk gabung dengan mereka membentuk satu group, kebayangkan kalau di dalam suatu acara yang hadir 90% perempuan......??? nah loh tebak sendiri dech apa yang terjadi di lapangan saudara-saudara.....hahahahaha

1 BRONDOK DI SARANG EMAK-EMAK
Karena gue dapat pasangan yang tidak gue kenal, maka pasangan gue manggil dah itu kroni-kroninya, bujuk dah gue dapat 9 teman cewe hanya 2 orang yang gue kenal Mba Ita & Bu Ratna, selebihnya kagak gue kenal plus 1 brondok..... hihihihi tergabung dalam Grop Otta Iskandar Dinata. 10 grop terbentuk sudah dengan anggotanya masing-masing, selanjutnya masing-masing group menerima tugas membuat....

KAPAL KERTAS

gunting keatas, kebawah kalau gagal coba lagi......

Perintahnya kita di suruh membuat kapal dari selembar kertas dan 10 orang dalam 1 group harus bisa masuk ke dalam kapal tersebut....??? bahannya hanya 1 lembayar kertas ukuran A4 plus gunting, hayo gimana coba, tau dah gue sendiri kagak paham bijimane caranye.

Sebenernya ini mungkin pelajaran anak TK atau Paud barangkali ya, tapi entah gue kagak paham, akhirnya keliling cari contekan....hihihihi, sama mereka belum tau juga, bahkan gue lihat ada yang googling nyari jawaban.
 
horeeee..... akhirnya perahu kertas itu pun jadi.....yuhuuuuu


Sampai akhirnya ada 1 group yang berhasil membuat itu kapal tidak putus dari selembar kertas, tapi entah gue belum nemu metodenya gimana cara guntingnya supaya tidak putus itu kertas. Tara.... akhirnya setelah gunting sana gunting sini akhirnya selesai juga membuat kapal seperti yang di maksud panitia. Dan karena masih penasaran akhirnya nyampe rumah gue nyobain bikin itu kapal .....hehehehe pasti penasaran yah jadi apa kagak...??? urusan membuat kapal dari selembar kertas usailah sudah, lanjut ke lomba berikutnya.....

MENEBAK KATA

tetap semangat dalam menunggu........

Mendapat klu dari panitia agar melanjutkan ke misi berikutnya, rada kagak jelas perintahnya di ruangan mana, akhirnya menemukan ruangan lantai atas, ngantri dulu karena di dalam masih ada group lain yang sedang melakukan aktifitas entahlah apa yang sedang dilakukan, mencuri dengar dari luar pun tak dapat.

Pas giliran masuk...... tara Duo Ida sedang ada di dalam, hem apa gerangan yang akan dilakukan oleh mereka berdua kepada kami wahai kisanak......hehehe

Ternyata oh ternyata menebak kata, jadi 1 orang memperagakan adegan bisa dengan cara  mengambar atau dengan gerakan tubuh, dan tidak boleh bicara, tapi dasarnya rusuh 9 orang emak-emak tetep wae mah ngomong. Gue ngerasa di adegan tebak kata ini yang paling meriah, segala cara di lakukan demi bisa menebak kata yang diberikan panitia. Kelompok gue di wakili seorang emak yang haqulll yaqin dirinya bisa menjadi peraga yang baek dan benar..... segala gaya di kerahkan dari adegan gambar, nunjuk gambar sampai gaya melintir pun di lakuin....... pokoke hajar bleh sebagai judul hahahaha, alhamdulillah 11 kata dapat tertebak dari babak kedua ini, selesai sampai di sini....??? belum masih lanjut ke ruangan audio visual buat....

SAAT MENGUCAP IKRAR SUMPAH PEMUDA ITU.....hahahahahaha

Saat mengucap Ikar Sumpah Pemuda itu........

Sialnya kagak pernah dapat bocoran soal apa yang mesti dilakuin, yah maklum namanya juga lomba pastinya tiap kelompok kagak mau dunk tersaingi.......

Saat dapat giliran masuk barulah tau bahwa kita disuruh mengucapkan kembali  Ikar Sumpah Pemuda..... nah loh...nah lo. Bukan kagak ngarti itu ikrar, tetapi udah puluh taon ane kagak pernah lagi ngucapin itu ikar tentu rada rebet susunan katanya, awalnya di mulai dari kata apa ane lupan cyiiiin...... tadinya sich mau nanya sama mbah google eit buset dah..... pak ketue ada di situ mana dia bilang dilarang nyontek lagi, kan tengsin ye kite sebagai anak buahnye kalau ngelanggar itu larangan, sialnya lagi ada noh ada satu panitia yang seliweran ngawasin takut kitanye nekat browsing..... alamak mati ane..... hihihihihi

Akhirnya minta waktu buat berembuk dan latihan dulu ngucap itu ikar, sembari dikit debat lah biase namanya juga rembukan memadu padakan kalimat, setelah yakin 3 kali latian nich majulah kita dengan yakin bakal mulus...... dengan semangat melebihi 45 ya kira-kira semangat 48 kita maju dengan gagah berani mengucap Ikar : Sumpah Pemuda......, kami Putra dan Putri Indonesia........ dengan kompak dengan suara lantang dengan yakin bakal benar  terselesaikan sudah itu ngucap ikrar, saatnya juri menilai dan hasilnya........

SALAH.....!!!!! rasanya seperti pakai baju nyelam komplit tapi kagak berani renang...... kan mati gaya, wuiihhh mana uda pakai gaya pulak..... sumpah kewer-kewer dah ane mana di pidioin ama pak ketua...... waduh itu blingsatan dah muke mau taruh dimane..... huahahahahaha, mana itu brondok 1 di sikat sama emak-emak katanya loe kan masih sekolah kok bisa kagak apal sich..... eit dah ntu brondok cuman cengar-cengir doang...... hihihihihi. Cap cus kabur buat ngikutin game berikutnya yaitu....

MENYUSUN PAZEL LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA 3 STANZA

saat ikrar Sumpah Pemuda kita salah, tetapi Indonesia 3 Stanza sukses dunk....yuhuuuuiii

Masih ada 2 game lagi yang mesti di selesaiin, cek-cek ombak di luar museum wuiiih gamenya penuh tantangan & menguji kesabaran, kita memutuskan game itu di jadikan game akhir saja, karena masih ngantri pula.

Lumayan lama nunggu pintu kebuka, gue dapat bocoran soal katanya nyayiin Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, semua orang Indonesia wajib tau dunk lagu ini, saya pun hapal sering nyanyiin kalau lagi hadir Kondangan Resmi Kebangsaan, Acara Seminar dan Bedah Buku serta acara-acara yang bersifat resmi lainnya wajib di nyanyiin, tapi itu versi biasa alias pada umumnya, tapi kalau menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza..... eit dah entar dulu..... guys ane kagak apal, walaupun pernah beberapa kali nyanyiin tapi itu juga ada teksnya di layar, nah ini..... kan lomba nyak pastinya kagak boleh nyontek, alhasil gue sama Mba Ita nyanyiin lagu itu sembari berusaha ngapalin susunannya, buat nebus kesalahan saat ikrar tadi......

Waktunya masuk..... gue lihat jurinya kenal, tapi biasa itu juri belagak jaim supaya kagak di tanya-tanya, yuhuuuuuuu....... peraturan game di paparkan bahwa kita di suruh nyusun dulu teks : Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza, setelah komplit baru di nyanyiiin.....

Mulai dah itu aksi dimulai, nyusun sembari mengingat tata urutan jangan sampai salah, ane sempet nanya sama juri.... bujug bunek dia bilang “saya juga nggak apal”...... auuu ah gelap. Setelah di susun turun naik, geser kiri kanan, sembari nyontek...... hahahahahahahaha akhirnya rampung sudah itu Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza, siap buat di nyanyikan dengan cukup semangat, tetapi tidak sesemangat saat ngucap ikrar tadi.....hehehe, lanjut di game pamungkas......

MENGUJI KEKOMPAKAN & KESABARAN

game ini menguji kekompakan & kesabaran

Game terakhir ini adalah menguji kekompakan dan kesabaran tim, jadi nyusun 6 gelas berisi air tapi kagak boleh tumpah, nah itu tantangannya. Keseruan dan jejeritan pun terjadi di game ini sembari berisik supaya jangan saling tarik itu tali supaya air kagak tumpah dari gelas, jarak sekitar +5 meter dari tempat mengambil air berisi gelas, lalu di tarik oleh 4 tali oleh 4 empat orang dan di tengah tali di beri gelang karet buat menjepit gelas tadi.

Game ini dibutuhkan kekompakan dan kesabaran antar anggota tim, kalau kagak loe gue and.... hahahaha. Ane bagian ngambil air ke dalam gelas aje dah, maklum body lagi bohay jadinya suseh buat jongkok nyak..... hihihihihi

Sayang game ini tidak terselesaikan dengan baik di kelompok ane karena waktunya abis, hanya bisa nyusun 4 gelas aje itu pun butuh perjuangan yang kagak gampang. Dan akhirnya usailah sudah semua game dengan masalahnya masing-masing. Saatnya ngaso makan siang, sholat, atau nyari gebetan.....hihihihi

TEBAK KUIS & PENGUMUMAN PEMENANG

biar kalah yang penting bisa foto-foto...... 

Sebelum pengumuman pemenang lomba, seperti biasa ada kuis buat ngasih door prise dari museum, mulailah itu riuh saling tunjuk tangan buat bisa dapat itu hadiah, ada yang bisa jawab ada yang belum pas dan ada yang salah, lah ane uda ngacung kagak di lirik sama panitia..... eh buzet dah yang namanya udian, kuis & sejenisnya entah kenapa selalu ane kagak pernah menang, yasud lah ane kagak hoki di kapling yang begituan kali ye.....hehehehee

Acara tebak kuis dan pertanyaan pun berakhir sampailah pada puncak acara pengumuman pemenang game, mulailah satu pesatu juara di sebutin, sampai tamat itu mc ngumumin itu hasil lomba eit dah...... kelompok ane Bang Oto Iskandar Dinata...... kagak menang guys..... ya nasib.....ya nasib mengapa begini......., mana hadiahnya payung lumayan kan yah kalau bisa menang, pasti maju ke depan di salamin sama pejabat dan di foto-foto pula, terus di selametin sama orang-orang di sekitar...... hiks....hiks.....hiks..... sakit hati ane kagak menang apapun, bawaannya jadi pengen ngasah peniti ane.... buahahahahaha

aku dan sahabat KJB
Dengan diumumkannya pemenang lomba, maka berakhirnya acara EDUTAINMENT INDONESIA MERDEKA “Menyelusuri Jejak Pejuang Kemerdekaan”. Acara ini menurut ane cukup sukses karena semua peserta di uji kemampuannya sejauh mana kita mengenal sejarah berdirinya Negara Republik Indonesia.

KESAN & PESAN

sampai jumpa di Jelajah KJB berikutnya.....

KESAN
Buat saya pribadi acara ini lain dari biasanya saat Komunitas Jelajah Budaya membuat acara, biasanya kita pergi ke museum terus mendengarkan pemandu museum menerangkan sejarah museum tersebut. Tetapi kali ini kita bermain game yang mengedukasi kembali pikiran kita mengenai sejarah berdirinya republik ini.

Banyak kesan dan kenangan yang tak terlupakan di setiap saya melakukan sebuah perjalanan, pasti bertemu hal baru dan unik.

Kali ini saya tergabung dalam Group Oto Iskandar Dinata yang terdiri dari 10 orang, 2 orang saya kenal, 1 brondok dan 6 emak-emak super heboh bin hebring yang baru saya kenal dan menurut pengakuan yang tersirat mereka baru kali ini ikut acara KJB.

Hal unik lainnya yang tak terlupakan mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda dengan salah, itu malunya luuuuaaaar biasa parah.... akan selalu terkenang dah .... hahahaha

Terus bisa menjelajah museum dengan cara yang tidak biasa, karena harus menyelesaikan tantangan.

PESAN
Cacatan kecil dari saya dari acara ini : kurangnya informasi yang disampaikan oleh panitia saat lomba berlangsung, penjelasannya yang kurang tegas, membuat kami sempat bingung tata urutannya dengan klu dalam amplop yang berikan. Ruangan yang dimaksud tidak tercatat dengan jelas.

Mengikuti kegiatan bersama KJB buat saya sudah tak terhitung lagi banyaknya, semuanya pasti meninggalkan memori dan keunikan tersendiri, yang pasti kalau ketemu sahabat komunitas foto-foto bersama itu pasti tak terlewatkan, sampai bertemu di acara Jelajah lainnya ya guys......  

MUSEUM di HATIKU

NB:
Berhubung gue konsen ke lomba jadi beberapa foto dalam blog ini gue ambil dari beberapa sahabat KJB yang share foto via WA Group, terima kasih sebelumnya.



  

Komentar

Postingan Populer