YUK MENGENAL & BELAJAR MEMBATIK

KID'S  CORNER MUSEUM NASIONAL INDONESIA
DUO RIRI BELAJAR MEMBATIK


LOGO KID' CORNER MUSEUM NASIONAL INDONESIA


Batik...... siapa yang tidak mengenalnya....hampir semua masyakat Indonesia pasti mengenal batik, batik di negara kita ada beragam jenis, motif, corak dan warna karena nyaris di nusantara tercinta negeriku ini setiap daerah mempunyai beragam batik dengan ciri khasnya masing-masing, ada batik Jogya, Solo, Cirebon, Lasem, Madura, Baduy, Betawi, Bali, Toraja, Halmahera, Papua dan masih banyak lagi.


PROSES MEMBATIK MENGGUNAKAN GAWANGAN


Batik Indonesia menjadi semakin terkenal setelah memperoleh pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB yang memutuskan Bahwa Batik Indonesia sebagai Warisan Pusaka Dunia. Pengakuan yang diberikan pada tanggal 2 Oktober 2009, telah menjadi tonggak penting untuk eksistensi "Batik Indonesia" di dunia internasional. Dalam rentang waktu sangat panjang batik hadir di bumi Pertiwi Nusantara sejak zaman nenek moyang Indonesia.


           



Batik sangat flexsibel dalam penggunaannya bisa kapanpun digunakan dan dalam berbagai kesempatan terkadang batik di wajibkan sebagai dress code dalam suatu acara, beberapa intansi pemerintah dan swasta pun mewajibkan para staffnya menggunakan batik pada hari-hari tertentu demikian pula di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta batik menjadi segaram wajib bagi para siswanya yang digunakan pada hari-hari tertentu.


 


Sering dengan perubahan jaman batik kini makin dikemas dalam sajian yang lebih modern dan simple, khususnya dalam motif serta warna dirancang secara modern agar anak-anak muda mau menggunakan batik, memang belum 100% keluar dari pakem batik asli itu sendiri yang lebih menonjolkan warna sogan sebagai ciri khas batik.

TEMPAT MEMBATIK UNTUK ANAK-ANAK


Motif batik sangatlah beragam dan masing-masing daerah biasanya punya motif dan warna khas tersendiri yang melambangkan dari daerah mana batik itu berasal, seperti misalnya motif kraton, cuwiri, pringgodani, sekar jagad, sido luhur, sido mukti, sido asih, parang rusak, parang kencana, kawung, semen rama, tambal, sudagaran dan masih banyak lagi.


Untuk jenis batik itu sendiri terdiri dari : tulis, painting, sablon, cap dan  printing.......setahu saya dari kelima jenis batik yang ada, tingkat kesulitan yang paling tinggi adalah "batik tulis" karena membutuhkan ketekunan dan ketelatenan dalam menyelesaikannya, untuk selembar kain ukuran 2 X 2 M  waktu yang dibutuhkan  mencapai 2 bulan bahkan 2 tahun dalam penyelesainnya, ini tergantung dari tingkatan motif yang dibuat semakin rumit motif yang di batik semakin lama waktu yang dibutuhkan, jadi terjawab sudah...... mengapa batik tulis itu harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan karena memang tingkat kesulitannya begitu tinggi dalam mengerjakannya.


WAJAN KECIL DAN KOMPOR UNTUK MELEBUR MALAM/LILIN

Untuk membuat batik, peralatan yang diperlukan adalah : kain mori {bisa terbuat dari sutra, katun atau campuran kain polyester}, pensil untuk membuat motif batik, canting yang terbuat dari bambu, berkepala tembaga serta bercerat atau bermulut, canting ini berfungsi seperti sebuah pulpen. 


CANTING UNTUK MEMBATIK DG UKURAN KECIL, SEDANG & BESAR

Canting dipakai untuk menyendok lilin cair yang panas, yang dipakai sebagai bahan penutup atau pelindung terhadap zat warna, gawangan {tempat untuk menyampirkan kain}, malam/lilin, panci dan kompor kecil untuk memanaskan malam/lilin .




Berkesempatan dari ketidak sengajaan bisa belajar membatik lagi, setelah sebelumnya pernah belajar membatik di Museum Teksil Jakarta, sore itu di Museum Nasional ternyata ada lokasi untuk belajar membatik namanya Kid's Corner Museum Nasional Indonesia, walaupun namanya Kid's Corner ternyata bukan hanya untuk anak-anak saja, kita orang dewasa pun bisa belajar membatik di tempat ini hanya dengan membayar Rp. 20.000,- saja, adalah.....

  
 
DI MUSEUM INI TERDAPAT MAINAN CONGKLAK, ANGKLUNG DLL



DAROMI ....@sore itu saya bertemu dengan beliau yang ternyata di lebih suka di panggil Mr. Romi, salah seorang pramuwisata Museum Nasional, orangnya sederhana, ramah dan bersahabat, tutur katanya halus dan luwes pembawaannya, sangat sabar dalam memberikan pelajaran membatik dari tahap awal hingga akhir proses sampai menjadi batik.

Mr. ROMI GURU MEMBATIK YANG SANGAT SABAR

Mr. Romi sendiri sudah mengabdikan dirinya selama 33 tahun di Museum Nasional, bahkan sebenernya beliau sudah memasuki masa pensiun tetapi selama dua tahun ini masih mengabdikan dirinya atau dikaryakan kembali di Museum Nasional. Hari itu sangat sabar menerangkan proses dalam membatik dari awal hingga akhirnya menjadi batik.

BELIAU SANGAT TEKUN DAN TELATEN DALAM MEMBATIK

Yang saya salut dengan Mr. Romi ini, beliau ingin semua anak-anak Indonesia mengenal batik sejak usia dini, maka dengan cara mengabdi di masa pensiunnya beliau tetap bersemangat menjadi pramuwisata Museum Nasional Jakarta dan terkhusus mengajar kepada anak-anak untuk belajar membatik dan mengenal batik. Dengan bakat yang dimilikinya tersebut beliau sendiri sudah pernah membatik hingga ke Negeri Mexico dan beberapa negara lainnya, dan kesabaran Mr. Romi ini terlihat dengan kasat mata saat mengajarkan cara membatik dengan baik dan benar kepada.......


RURISA POSE DULU SEBELUM MEMBATIK BIAR SEMANGAT
 

Raden Roro Rurisa Chandra Amartawati Hartomo ……………..@sore itu sembari menunggu dimulainya acara Malam Penganugerahan Pelestari Cagar Budaya Dan Permuseuman 2014, menyempatkan diri mampir di Kid's  Corner Museum Nasional Indonesia, awalnya sih untuk ngadem sejenak tetapi di tempat ini ternyata selain ada mainan, lukisan dan pernak-pernik ciri khas anak-anak terdapat pula tempat belajar  membatik, pikiran kami berdua ketika itu tempat itu hanya untuk anak-anak saja tetapi Mr. Romi mengijinkan siapa saja bisa membatik tanpa ada perbedaan usia......


Setelah mendapat penjelasan awal dalam tahap-tahap membatik dan memilih motifnya pelajaran awal cara membatik itupun di mulai, saya melihat Risa sangat tekun, telaten dan menikmatinya bahkan sesekali bertanya pada Sang Suhu mengenai teknik supaya cantingnya berjalan dengan lancar dan malamnya tidak mbeleber.....

saat Rurisa sedang belajar membatik sangat tekun ......


MENGAMBIL MOTIF BATIK KAWUNG



SERIUS MENDENGARKAN  ARAHAN Mr. ROMI




Mr. ROMI MEMBERI CONTOH CARA MEMEGANG CANTING




Mr. ROMI MENCONTOKAN CARA MEMBATIK




DENGAN PERHATIAN RURISA MELIHAT CARA Mr. ROMI MEMBATIK




RURISA MENCOBA MEMBATIK




MASIH TERLIHAT REMPONG......




YAHHH........AKHIRNYA MBELEBER DEUCH.......



RITA & MBA IDA MEMBERI SEMANGAT PADA RURISA



RURISA MEMAMERKAN HASIL BATIKNYA YANG SETENGAH JADI...




DAN AKHIRNYA ACARA BELAJAR MEMBATIK ITUPUN SELESAI.......




Bandaro Raden Ayu Marita Kassandra Setyaningsih Soedarmo...... @ saya sendiri tidak ikut membatik hari itu tetapi lebih banyak berkonsultasi dengan Mr. Romi mengenai hal-hal yang berurusan dengan dunia batik – membatik.

NARSIS....DULU SEPERTI BIASA


Untuk bisa membatik dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam melakukannya tentunya sedang hati yang senang.....karena kalau hati sedang tidak mood itu bisa terlihat dari karya yang kita hasilkan, karena malam/lilin yang mbeleber keluar dari jalurnya hingga membuat hasil akhir dari karya kita bisa menjadi amburadul.....berantakan, tetapi untuk pemula hal itu tidak menjadi masalah asal dilakukan dengan hati senang.....

 
BERTANYA KEPADA Mr. ROMI............


TENTENG JENIS-JENIS BATIK & CARA PEWARNAAN


MUMPUNG KUMPUL.....NARSIS DULU AHHHH......



Saya sendiri lebih menikmati suasana di Kid's Corner Museum Nasional Indonesia, di tempat ini selain bisa belajar membuat batik, juga terdapat mainan tradisional anak-anak, baju adat daerah, terus yang menarik adalah payung-payung kecil yang dilukis dengan warna warni.......suatu saat pengen balik lagi ke museum ini untuk belajar membatik di media payung mini .....pasti hasilnya akan lebih unik sebuah payung mini batik...........#salam budaya batik



MOTIF BATIK YANG TERLUKIS DALAM PAYUNG MINI SUNGGUH UNYU..........

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer